KONTRIBUSI KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIDIK DALAM MEMANFAATKAN PERPUSTAKAAN SMK NEGERI 1 PEDAN KABUPATEN KLATEN

Azizah, Asri Nur (2017) KONTRIBUSI KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIDIK DALAM MEMANFAATKAN PERPUSTAKAAN SMK NEGERI 1 PEDAN KABUPATEN KLATEN. S1 thesis, UNY.

[img] Text
Asri Nur Azizah_13101241051.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan 1) kualitas layanan perpustakaan, 2) kepuasan peserta didik 3) kontribusi kualitas layanan terhadap kepuasan peserta didik dalam memanfaatkan perpustakaan SMK N 1 Pedan Kabupaten Klaten. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang masih aktif sekolah pada tahun ajaran 2016/2017 di SMK N 1 Pedan Kabupaten Klaten. Penentuan jumlah sampel dengan rumus yang dikembangkan Slovin, dengan tingkat kesalahan 5% dan n=1019. Jumlah sampel penelitian yaitu 287 yang terdiri dari 96 siswa Kelas X, 99 siswa Kelas XI, dan 92 siswa Kelas XII. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Metode analisis data dengan analisis persentase dengan program Ms. Excel 2010 dan analisis regresi sederhana dengan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukan: (1) kualitas layanan perpustakaan SMK N 1 Pedan masuk dalam kategori baik yaitu 74,46% yang artinya layanan perpustakaan memiliki kualitas yang baik dan petugas perpustakaan memberikan layanan dengan maksimal; (2) kepuasan peserta didik dalam memanfaatkan perpustakaan masuk dalam kategori puas yaitu 72,85% yang artinya peserta didik merasa puas dalam memanfaatkan perpustakaan; (3) terdapat kontribusi dari kualitas layanan perpustakaan terhadap kepuasan peserta didik dalam memanfaatkan perpustakaan SMK N 1 Pedan. Hal tersebut ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,803 dan nilai koefisien determinasi (r2) sebesar 0,645. Hasil ini menunjukan bahwa kualitas layanan berkontribusi sebesar 64,5% terhadap kepuasan peserta didik dalam memanfaatkan perpustakaan. Kata kunci: kualitas layanan perpustakaan, kepuasan peserta didik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 04 Oct 2017 12:42
Last Modified: 30 Jan 2019 15:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53134

Actions (login required)

View Item View Item