PROYEKSI KEBUTUHAN GURU KELAS PNS SEKOLAH DASAR NEGERI DI KABUPATEN SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 - 2020/2021

Utomo, Kunto Aji (2017) PROYEKSI KEBUTUHAN GURU KELAS PNS SEKOLAH DASAR NEGERI DI KABUPATEN SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 - 2020/2021. S1 thesis, UNY.

[img] Text
Kunto Aji Utomo_13101241042.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan persebaran siswa SDN di Kabupaten Sleman, (2) mendeskripsikan kualifikasi akademik dan sertifikat pendidik guru kelas PNS SDN di Kabupaten Sleman, (3) mendeskripsikan kebutuhan guru kelas PNS SDN di Kabupaten Sleman pada tahun pelajaran 2016/2017, (4) memproyeksikan kebutuhan guru kelas PNS SDN di Kabupaten Sleman pada tahun pelajaran 2017/2018 - 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan prediktif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman dan UPT Pelayanan Pendidikan tingkat kecamatan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode studi dokumentasi dengan sumber data sekunder. Data didapatkan dari dokumen Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman dan UPT Pelayanan Pendidikan Kecamatan di Kabupaten Sleman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Persebaran siswa berdasarkan kategorisasi rombongan belajar SDN di Kabupaten Sleman sebagai berikut: kategori kurang berjumlah 617 (24,04%), kategori sesuai 1686 (65,68%), kategori lebih 257 (10,01%), dan kategori dapat dibagi 7 (0,27%). (2) Kualifikasi akademik dan sertifikat pendidik guru kelas PNS sebagai berikut (a) tingkat pendidikan minimal S1/D4 sebesar 73,35% berjumlah 1519 guru, belum S1/D4 sebesar 26,65% berjumlah 552 guru, yang sudah berpendidikan S1/D4 dengan bidang studi relevan terdapat 960 guru kelas atau sekitar 46,36% dan sisanya sebesar 26,99% berjumlah 559 bidang studi tidak relevan, (b) berdasarkan sertifikasi pendidik, guru yang sudah sertifikasi sebagai guru kelas sebesar 63,98% berjumlah 1325 guru, belum sertifikasi sebesar 36,02% berjumlah 746 guru, (c) berdasarkan tingkatan pendidikan terakhir, relevansi bidang pendidikan dan sertifikasi sebanyak 681 (32,89%) guru kelas, sisanya (67,12%) 1390 guru belum sepenuhnya S1/D4, PGSD/PGMI/Psikologi, dan sertifikasi. (3) Kebutuhan total guru kelas PNS tahun pelajaran 2016/2017 adalah 2567 guru. (4) Proyeksi kebutuhan total guru kelas PNS tahun pelajaran 2017/2018 - 2020/2021 secara berurutan adalah 2568, 2568, 2570, 2572. Kata kunci: Proyeksi kebutuhan guru, Guru kelas PNS, Sekolah Dasar Negeri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 04 Oct 2017 12:38
Last Modified: 30 Jan 2019 15:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53133

Actions (login required)

View Item View Item