PENGARUH ASAM ANORGANIK TERHADAP KARAKTER SILIKA GEL DARI ABU LIMBAH GLUGU DI DUSUN MANTUP BATURETNO BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

Hermanto, Andhi Aditya (2017) PENGARUH ASAM ANORGANIK TERHADAP KARAKTER SILIKA GEL DARI ABU LIMBAH GLUGU DI DUSUN MANTUP BATURETNO BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 SKRIPSI Hermanto.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh asam anorganik terhadap karakter silika gel dari limbah glugu hasil sintesis dengan metode solgel. Karakter yang diteliti dalam penelitian ini adalah gugus fungsi, sistem kristal, keasaman dan kadar air. Karakter silika gel hasil sintesis dibandingkan dengan kieselgel-60 G dari E-Merck. Proses sintesis silika gel dimulai dengan melarutkan 10 gram abu glugu ke dalam 115 ml larutan NaOH 2M, kemudian dipanaskan pada suhu 100 °C dan disaring dengan penyaring Buchner. Filtrat tersebut adalah natrium silikat, kemudian dipisahkan dan dinetralkan dengan asam anorganik (HCl dan H2SO4) 2M hingga mencapai pH netral. Hidrogel yang terbentuk dikeringkan pada suhu 100 °C dan 600 °C untuk mendapatkan serbuk putih xerogel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa larutan natrium silikat membentuk hidrogel lebih cepat dengan asam poliprotik dibandingkan dengan asam monoprotik. Rendemen SG-H2SO4 glugu menunjukkan nilai rendemen yang lebih tinggi dibandingkan dengan SG-HCl glugu, yaitu 10,36% berat abu. Silika gel hasil sintesis memiliki pola FTIR dan XRD yang mirip dengan kieselgel-60 G. Sifat keasaman SG-H2SO4 glugu lebih tinggi dibandingkan dengan SG-HCl glugu, yaitu sebesar 2,790 mmol/gram. Kadar air bebas dan air terikat fisik SGH2SO4 lebih tinggi dibandingkan dengan SG-HCl, yaitu sebesar 15,61 % per berat sampel dan 8,361 % dari berat silika gel.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 04 Oct 2017 06:54
Last Modified: 30 Jan 2019 15:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53127

Actions (login required)

View Item View Item