SINTESIS GRAPHENE OXIDE DARI LIMBAH BATANG KARBON BATERAI ZNC DENGAN EKSFOLIASI CAIRAN DAN RADIASI GAMMA BERDASARKAN UV-VIS SPEKTROFOTOMETER

Qurnia Anggraini, Puput and Dwandaru, WS. Brams (2017) SINTESIS GRAPHENE OXIDE DARI LIMBAH BATANG KARBON BATERAI ZNC DENGAN EKSFOLIASI CAIRAN DAN RADIASI GAMMA BERDASARKAN UV-VIS SPEKTROFOTOMETER. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan GO melalui sintesis dengan metode liquid exfoliation dan surfaktan. Karakterisasi GO dengan liquid exfoliation menggunakan bahan radioaktif sumber sinar gamma Sr dan Co ditunjukkan dengan nilai abosrbansi pada hasil Uji UV-Vis spektrofotometer. Perbandingan karakterisasi GO dengan metode liquid exfoliation menggunakan radiasi bahan radioaktif sumber sinar gamma Sr, Co dan tanpa radiasi. Pada penelitian ini digunakan metode liquid exfoliation dan bahan radioaktif sumber sinar gamma. Sinar gamma yang dipilih adalah bahan Srontium-90 dengan aktivitas 51,05 kBq dan Cobalt-60 dengan aktivitas 9,25 kBq. Proses eksfoliasi cairan pada penelitian ini dibantu dengan surfaktan yang terdapat dalam deterjen. Sintesis GO diperoleh dengan melakukan pendiaman larutan campuran selama 2 jam, 1 hari dan 2 hari, sehingga graphite akan tereskfoliasi. Saat proses eksfoliasi, campuran diberi pancaran radiasi dari sinar gamma. Radiasi akan membuat pori-pori GO semakin lebar karena sebagian energi radiasi sinar gamma akan diserap oleh materi. Energi yang diserap material akan diubah menjadi panas yang akan memperbesar pori-pori. Hasil UV-Vis untuk larutan sampel tanpa radiasi, dengan radiasi Co dan dengan radiasi Sr terdapat puncak pada panjang gelombang 260 nm, 254 nm dan 229 nm. Hal ini memperlihatkan bahwa material GO telah dihasilkan dari sintesis bahan karbon baterai ZnC menggunakan liquid exfoliation dan deterjen yang dinyatakan dengan hasil uji UV-vis spektrofotometer terdapat 3 puncak serapan khas pada panjang gelombang antara 230-270 nm. Pada hasil sintesis GO dengan metode liquid exfoliation dan penyinaran radiasi sinar gamma dari sumber radioaktif Sr dan Co, menunjukkan semakin lama waktu pendiaman maka nilai absorbansi akan semakin turun. Hal ini dikarenakan semakin lama waktu pendiaman material graphite akan semakin tereksfoliasi. Adanya radiasi pada larutan sampel menghasilkan GO lebih baik yang memiliki transparansi optik tinggi ditunjukkan dengan adanya penurunan nilai absorbansi dari hasil uji UV-Vis larutan sampel Co dan Sr. Namun, penurunan nilai aborbansi masih kecil jika dibandingkan dengan penelitian Shahriary dan Athawale (2014) karena dosis serap yang digunakan jauh lebih kecil.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: graphene oxide, liquid exfoliation, srontium, cobalt, UV-Vis spektrofotometer
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 09 Oct 2017 02:14
Last Modified: 30 Jan 2019 15:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53123

Actions (login required)

View Item View Item