PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TAX-XL MATERI PELAJARAN MENYIAPKAN SURAT PEMBERITAHUAN (SPT) PAJAK KELAS XII AKUNTANSI DI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Maryana, Maryana (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TAX-XL MATERI PELAJARAN MENYIAPKAN SURAT PEMBERITAHUAN (SPT) PAJAK KELAS XII AKUNTANSI DI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi_13803249005_Maryana..pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan Media Pembelajaran Tax-XL sebagai pendukung pembelajaran Menyiapkan Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak pada Kompetensi Dasar (KD) Menyiapkan SPT 1770S WPOP untuk siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta; (2) mengetahui kelayakan Media Pembelajaran berdasarkan penilaian Ahli Media, Ahli Materi dan Praktisi Pembelajaran (Guru); (3) mengetahui penilaian siswa terhadap Media Pembelajaran Tax-XL; (4) mengetahui efektivitas penggunaan Media Pembelajaran Tax-XL. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada tahap Development, aplikasi Tax-XL divalidasi kelayakannya oleh 2 Ahli Materi, 3 Ahli Media dan 1 Guru Menyiapkan SPT Pajak. Pada tahap Implementation dilakukan tiga tahapan yakni tahap Ujicoba Perorangan (3 siswa), tahap Ujicoba Kelompok Kecil (9 siswa), dan tahap Penelitian Lapangan (62 siswa) yaitu 32 siswa memakai media (kelas eksperimen) dan 30 siswa tidak memakai media (kelas kontrol). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Media Pembelajaran Tax-XL dikembangkan melalui 5 tahapan ADDIE. (2) Media Pembelajaran Tax-XL ini sangat layak untuk digunakan berdasarkan penilaian: a) Ahli Materi diperoleh persentase 95,54% (Sangat Layak), b) Ahli Media diperoleh persentase 80,95% (Layak), dan c) Guru Menyiapkan Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak diperoleh persentase 83,93% (Sangat Layak). (3) Penilaian siswa terhadap media pada Ujicoba Perorangan diperoleh persentase 84,52% (Sangat Layak), Ujicoba Kelompok Kecil diperoleh persentase 81,75% (Sangat Layak), Ujicoba Lapangan diperoleh persentase 84,04% (Sangat Layak). (4) Berdasarkan analisis peningkatan hasil pretest dan posttest dengan gain score dan uji T, Tax-XL efektif untuk digunakan. Berdasarkan perhitungan rata-rata gain score pada kelas eksperimen 0,7 atau 70% (Sedang) sementara kelas kontrol 0,59 atau 59% (Sedang). Selisih antara keduanya adalah 11%. Sementara Uji t data posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai Sig. (2-tailed)= 0,001 lebih kecil dari batas yang digunakan yaitu 5% (sig.<0,005), artinya Tax-XL efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Tax-XL, Menyiapkan SPT Pajak, Microsoft Excel, ADDIE.
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 04 Oct 2017 06:04
Last Modified: 30 Jan 2019 15:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53120

Actions (login required)

View Item View Item