PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP IPS MELALUI PENERAPAN METODE ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS VA SD NGOTO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Latifah, Umi (2017) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP IPS MELALUI PENERAPAN METODE ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS VA SD NGOTO TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Umi Latifah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Umi Latifah.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep IPS melalui penerapan metode pembelajaran Active Learning tipe Index Card Match pada siswa Kelas VA SD Ngoto tahun pelajaran 2016/2017. Jika pemahaman konsep IPS meningkat, maka hasil belajar IPS juga meningkat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research). Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SD Ngoto berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Validitas instrumen oleh dosen pembimbing sebagai expert judgment. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep IPS siswa ditandai dengan hasil belajar yang meningkat dari hasil pre test, siklus I, dan siklus II. Ketuntasan belajar pemahaman konsep IPS pada saat pre test masih rendah yaitu di bawah kriteria keberhasilan penelitian. Pada siklus I terjadi peningkatan dari hasil pre test namun masih kurang dari kriteria keberhasilan penelitian. Pada siklus II mengalami peningkatan dan sudah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian yaitu ≥75%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil karena kriteria keberhasilan sudah tercapai. Kata kunci: pemahaman konsep IPS, metode Index Card Match.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Oct 2017 05:48
Last Modified: 30 Jan 2019 15:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53119

Actions (login required)

View Item View Item