PERILAKU SCHOOL BULLYING PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI LEMPUYANGAN 1 YOGYAKARTA

Sujarwo, Mohammad Anton (2017) PERILAKU SCHOOL BULLYING PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI LEMPUYANGAN 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Mohammad Anton Sujarwo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengetahuan guru tentang perilaku school bullying dan mengidentifikasi bentuk-bentuk perilaku school bullying yang terjadi di SD Negeri Lempuyangan 1 Yogyakarta. Subyek penelitian meliputi guru olahraga MRS, guru kelas 3B BHO, guru kelas 3 C EDS, siswa kelas 3B meliputi ANS, DSW, dan siswa kelas 3C meliputi NBS serta GPW. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa ovservasi non partisipatif, wawancara mendalam, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan hasil kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, metode, dan teori. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perilaku school bullying belum ditanggapi serius oleh guru, guru berpendapat bahwa perilaku school bullying yang dilakukan oleh siswa adalah perilaku yang wajar dilakukan untuk proses perkembangan siswa, namun pada hasilnya, sering terjadi bentuk perilaku school bullying dari bentuk kontak fisik langsung contohnya memukul, mendorong, menjegal, menendang, mencubit, menjambak; kontak verbal langsung contohnya berbicara kotor, mengejek; perilaku nonverbal langsung contohnya memelototi, mengepalkan tangan, mengancam, mengabaikan lawan bicara, menjulurkan lidah, menunjuk tangan kepada orang lain; perilaku nonverbal tidak langsung contohnya menghasut, mengucilkan; dan pelecehan seksual dengan bentuk perilaku seperti memegang leher serta memegang paha orang lain. Penyebab terjadinya perilaku school bullying yaitu faktor anak yang tempramen, agresif, berperilaku menyimpang, menyalahgunakan kekuatan untuk menindas orang yang lebih lemah, mendominasi, senang melihat orang lain menderita, sering mengganggu, dan sengaja menyakiti orang untuk mengontrol serta mengendalikan lingkungan dengan sesuai kehendak anak. Kata kunci: perilaku, guru, siswa, school bullying.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Oct 2017 04:04
Last Modified: 30 Jan 2019 15:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53113

Actions (login required)

View Item View Item