Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Permainan Estafet Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Kelompok B di PAUD.

Fitriani, Rohyana (2017) Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Permainan Estafet Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Kelompok B di PAUD. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rohyana-fitriani-15717251048.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menganalisis apa saja kebutuhan yang dibutuhkan dalam pembelajaran anak usia 5-6 tahun. (2) untuk mengembangkan model pembelajaran kooperatif dengan estafet bagi anak usia 5-6 tahun, dan (3) untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif dengan permainan estafet bagi anak usia 5-6 tahun. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Desain pengembangan dikelompokkan menjadi 3 langkah, yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) proses pengembangan, dan (3) uji coba dan finalisasi. Subjek uji coba lapangan awal (terbatas) adalah 20 orang anak dan 1 orang guru kelompok B TK ABA Karangmalang Yogyakarta. Subjek uji coba lapangan (luas) adalah 32 orang anak dari dua sekolah yaitu TK ABA Karangmalang dan TK Nasional Samirono. Subjek uji operasional berjumlah 33 orang anak TK Al-Falaah Batu Belek Kecamatan Rakam. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar angket, dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan Percentage of Agreement dan Paired Samples Test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan video pembelajaran hasil pengembangan model pembelajaran kooperatif dengan permainan estafet ditinjau dari materi dan tampilan menurut ahli (expert judgment) berkategori “sangat baik” dan tampilan media berkategori “baik”. Terdapat perbedaan nilai hasil akhir pembelajaran antara pretest dan postest setelah menggunakan perangkat pembelajaran hasil pengembangan model pembelajaran kooperatif dengan permainan estafet dengan p < 0,05 yaitu nilai signifikansi sebesar 0,000. Hasil tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif dengan permainan estafet dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, kooperatif, pembelajaran dengan permainan estafet, motorik kasar.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Oct 2017 04:06
Last Modified: 09 May 2019 08:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53111

Actions (login required)

View Item View Item