PENANAMAN NILAI KARAKTER RELIGIUS DI SD MUHAMMADIYAH BOROBUDUR DAN SD IT LABORATORIUM BHUMI MENOREH

Muslihah, Hasna Oktavia (2017) PENANAMAN NILAI KARAKTER RELIGIUS DI SD MUHAMMADIYAH BOROBUDUR DAN SD IT LABORATORIUM BHUMI MENOREH. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Hasna Oktavia Muslihah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penanaman nilai karakter religius di SD Muhammadiyah Borobudur dan SD IT Laboratorium Bhumi Menoreh, (2) Mendeskripsikan persamaan dan perbedaan penanaman nilai karakter religius di SD Muhammadiyah Borobudur dan SD IT Laboratorium Bhumi Menoreh. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Subjek dalam peneltian ini adalah Kepala Sekolah, guru, dan siswa dari setiap sekolah di SD Muhammadiyah Borobudur dan SD IT Laboratorium Bhumi Menoreh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil di SD Muhammadiyah Borobudur dan SD IT Laboratorium Bhumi Menoreh menunjukan bahwa:1) program pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengkondisian. 2) pengintegrasian dalam mata pelajaran yaitu tercantum nilai religius di dalam silabus dan RPP, serta terlaksana dalam kegiatan pembelajaran dan evaluasi. 3) budaya sekolah dilakukan dalam tiga aspek yaitu kelas mengucapkan salam dan kalimat tahmid di dalam kelas. Sekolah memakai busana muslim, dan menjaga kebersihan. Luar sekolah mengikuti perlombaan MAPSI. 4) Persamaan dan perbedaan penanaman nilai karakter religius. Persamaan terdapat pada kegiatan yang dilakukan di sekolah. Perbedaan SD Muhammadiyah Borobudur tidak memberlakukan adanya jadwal untuk pelaksanaan sholat di sekolah, hafalan dilakukan setiap hari, dan guru melaksanakan sholat diwaktu yang berbeda dengan siswa. SD IT Laboratorium Bhumi Menoreh memiliki jadwal tetap kegiatan keagamaan seperti sholat dhuha, sholat dhuhur, kegiatan hafalan dan murojaah. Kata kunci: penanaman nilai, karakter religius.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Oct 2017 03:38
Last Modified: 30 Jan 2019 15:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53110

Actions (login required)

View Item View Item