Pengembangan Modul Ekosistem Berbasis Android dengan Model Service Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA.

Meliana, Dwi (2017) Pengembangan Modul Ekosistem Berbasis Android dengan Model Service Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dwi-meliana-15725251005.swf

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan modul ekosistem berbasis android berdasarkan ahli, dan (2) keefektifan modul ekosistem berbasis android dengan model service learning dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik SMA kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian jenis Design and Development Research yang dikembangkan oleh Richey dan Klein pada tahap product and tool research melalui empat tahapan yaitu analysis, design, development dan evaluation. Penelitian dilaksanakan pada bulan April hingga Mei 2017 di SMA Negeri 1 Depok, SMA Negeri 1 Seyegan, SMA Negeri 1 Godean, SMA Negeri 1 Pakem. Pada uji terbatas melibatkan 28 peserta didik kelas XI pada SMA Negeri 1 Depok Sleman, sedangkan untuk uji luas melibatkan 96 peserta didik kelas X dari SMA Negeri 1 Seyegan, SMA Negeri 1 Godean, SMA Negeri 1 Pakem untuk kelas eksperimen dan 96 peserta didik kelas X dari SMA Negeri 1 Seyegan, SMA Negeri 1 Godean, SMA Negeri 1 Pakem untuk kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar penilaian kelayakan produk dan tes kemampuan berpikir kritis berupa soal uraian. Teknik analisis data pretest dan postes menggunakan uji ankova pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kelayakan pada modul ekosistem berbasis android dengan model service learning berdasarkan penilaian ahli materi, ahli pembelajaran, ahli media, peerreviewer dan guru biologi, layak digunakan ditinjau dari segi materi/substansi, konstruksi dan bahasa. (2) Penerapan modul ekosistem berbasis android dengan model service learning efektif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA kelas X.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: modul ekosistem, android, service learning, berpikir kritis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Oct 2017 03:29
Last Modified: 09 May 2019 08:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53109

Actions (login required)

View Item View Item