Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi dengan Model Inquiry Learning untuk Meningkatkan Berfikir Kreatif, Rasa Ingin Tahu dan Motivasi Belajar Siswa SMA Materi Sistem Pernafasan.

Ardina, Indah Dwi (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi dengan Model Inquiry Learning untuk Meningkatkan Berfikir Kreatif, Rasa Ingin Tahu dan Motivasi Belajar Siswa SMA Materi Sistem Pernafasan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-indah-dwi-ardina-15725251037.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran yang layak untuk meningkatkan berfikir kreatif, rasa ingin tahu dan motivasi belajar siswa SMA pada materi sistem pernafasan.; dan (2) mengetahui keefektivan penggunaan perangkat pembelajaran biologi dengan model inquiry learning untuk meningkatkan berfikir kreatif, rasa ingin tahu dan motivasi belajar siswa SMA pada materi sistem pernafasan. Produk yang dikembangkan berupa Silabus, RPP, LKPD, dan Instrumen Penilaian. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model Borg & Gall yang meliputi (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan bentuk produk awal, (4) validasi produk dan revisi pertama, (5) uji coba terbatas, (6) revisi kedua, (7) uji coba luas, (8) revisi produk akhir, dan (9) diseminasi. Validasi produk dilakukan oleh dua dosen ahli pendidikan biologi dan dua guru biologi SMA. Uji coba terbatas dilaksanakan di kelas XI MIA 4 SMA N 2 Wonosari. Uji coba diperluas dilaksanakan di kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data pada penelitian melalui observasi, angket, dan tes tertulis. Analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini berupa: (1) perangkat pembelajaran biologi yang secara keseluruhan layak di gunakan untuk meningkatkan berfikir kreatif, rasa ingin tahu dan motivasi belajar siswa pada proses pembelajaran ; dan (2) penggunaan perangkat pembelajaran biologi dengan model inquiry learning pada materi sistem pernafasan efektif dalam peningkatan berfikir kreatif, rasa ingin tahu dan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, model inquiry learning, berfikir kreatif, rasa ingin tahu dan motivasi belajar siswa.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Oct 2017 02:53
Last Modified: 09 May 2019 08:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53108

Actions (login required)

View Item View Item