Peningkatan Keterampilan Lenan Rumah Tangga Dengan Media Pola Modifikasi bagi Siswa Tunagrahita Sedang Sekolah Luar Biasa

Suyekti, Marlinda Alis (2017) Peningkatan Keterampilan Lenan Rumah Tangga Dengan Media Pola Modifikasi bagi Siswa Tunagrahita Sedang Sekolah Luar Biasa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-marlinda alis suyekti-14702251047.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penggunaan pola modifikasi untuk meningkatan keterampilan membuat sarung bantal kursi pada siswa tunagrahita sedang kelas XI, dan (2) Mendeskrepsikan hasil belajar keterampilan siswa tunagrahita sedang dalam membuat sarung bantal kursi setelah menggunakan media pola modifikasi. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model penelitian Kemis dan MC Taggart yang diadaptasi oleh Depdiknas. Satu siklus penelitian dilaksanakan melalui planning, acting, observing kemudian diakhiri dengan reflect. Subjek penelitian merupakan siswa tunagrahita sedang kelas XI SLB Negeri Pembina Yogyakarta dengan 5 siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi sebagai penilaian unjuk kerja, lembar penilaian produk, wawancara dan dokumentasi berupa foto kegiatan pembelajaran dan foto hasil karya. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskreptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pola modifikasi dapat memudahkan siswa dalam memindahkan tanda pola, siswa tidak perlu mengkoordinasikan penggunaan rader, karbon dan penggaris namun cukup menggoreskan pensil karbon pada tepi pola, (2) Penggunaan media pola modifikasi disertai dengan modifikasi tertib kerja juga dapat meningkatkan keterampilan siswa tunagrahita sedang dalam membuat lenan rumah tangga berbentuk sarung bantal kursi, semua siswa dapat memenuhi kriteria ketuntasan belajar minimal berpredikat tuntas dengan sangat baik dan mencapai kompetensi level IIc keterampilan tata busana.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keterampilan, modifikasi media, siswa tunagrahita.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Oct 2017 02:41
Last Modified: 22 Aug 2022 02:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53107

Actions (login required)

View Item View Item