Kemangkusan Model Pembelajaran Khayalan dan Model Pembelajaran Rodrigues-Badaczewski dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Se-Kabupaten Brebes.

Amrulloh, Muhammad Hanif (2017) Kemangkusan Model Pembelajaran Khayalan dan Model Pembelajaran Rodrigues-Badaczewski dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Se-Kabupaten Brebes. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-hanif-amrulloh-15715251006.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah ada perbedaan tingkat keterampilan menulis cerpen yang signifikan antara pembelajaran siswa yang menggunakan model pembelajaran Khayalan, model pembelajaran Rodrigues-Badaczewski, dan model pembelajaran konvensional ; (2) menguji apakah penggunaan model pembelajaran Khayalan dan model pembelajaran Rodrigues-Badaczewski mangkus digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas VII di SMP Negeri se-Kabupaten Brebes. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri se-Kabupaten Brebes. Berdasarkan teknik simple random sampling ditetapkan kelas VII F di SMP Negeri 1 Bantarkawung sebagai kelompok eksperimen 1, kelas VII A di SMP Negeri 4 Jatibarang sebagai kelompok eksperimen 2, dan kelas VII B di SMP Negeri 3 Bumiayu sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan menggunakan tes berupa prates dan pascates. Validitas instrumen berupa validitas isi. Teknik analisis data menggunakan analisis varian dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas sebaran dan uji homogenitas varian. Pengujian dilakukan dengan bantuan komputer program SPSS 23.0 menunjukkan data prates dan pascates berdistribusi normal dan homogen. Analisis varian uji Scheffe data pascates kelompok kontrol dan kelompok eksperimen 1 diperoleh nilai probabilitas sebesar 0,000 (p < 0,05) dan Analisis varian data pascates kelompok kontrol dan kelompok eksperimen 2 diperoleh nilai probabilitas sebesar 0,000 (p < 0,05) . Simpulan penelitian ini berdasarkan analisis tersebut adalah (1) ada perbedaan tingkat keterampilan menulis cerpen yang signifikan antara pembelajaran siswa menggunakan model pembelajaran Khayalan dan model pembelajaran konvensional; (2) ada perbedaan tingkat keterampilan menulis cerpen yang signifikan antara pembelajaran siswa menggunakan model pembelajaran Rodrigues-Badaczewski dan model pembelajaran konvensional; (3) tidak ada perbedaan tingkat keterampilan menulis cerpen yang signifikan antara pembelajaran siswa menggunakan model pembelajaran Khayalan dan model pembelajaran Rodrigues-Badaczewski; (4) penggunaan model pembelajaran Rodrigues-Badaczewski dan model pembelajaran Khayalan mangkus digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas VII SMP Negeri se-Kabupaten Brebes.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kemangkusan, model pembelajaran Rodrigues-Badaczewski, model pembelajaran Khayalan, menulis cerpen, siswa SMP
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Oct 2017 02:27
Last Modified: 09 May 2019 08:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53106

Actions (login required)

View Item View Item