PENYUSUNAN KOMIK KARAKTERISTIK HABITAT BURUNG CERET JAWA (Locustella montis) DI LERENG GUNUNG MERAPI SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PENGAYAAN MATERI EKOSISTEM PADA SISWA KELAS X SMA

Prawesthi, Gahar Ajeng (2017) PENYUSUNAN KOMIK KARAKTERISTIK HABITAT BURUNG CERET JAWA (Locustella montis) DI LERENG GUNUNG MERAPI SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PENGAYAAN MATERI EKOSISTEM PADA SISWA KELAS X SMA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (708kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
BAB V.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun media pengayaan berbentuk komik yang dikembangkan dari hasil penelitian karakteristik habitat burung Ceret Jawa (Locustella montis) di lereng Gunung Merapi dan menghasilkan media pengayaan yang baik dan layak sebagai pengayaan ekosistem untuk siswa kelas X SMA. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan tahap penelitian: analisis, desain, dan pengembangan sampai pada tahap uji coba terbatas. Uji coba terbatas penggunaan komik dilakukan pada guru Biologi dan 17 siswa kelas X SMA Negeri 1 Gamping. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penyusunan komik ‘Burung Ceret Jawa dan Habitatnya di Lereng Gunung Merapi’ ini dilakukan dengan 3 tahap, yaitu: (1) analisis potensi hasil penelitian, (2) pengemasan hasil penelitian menjadi bahan ajar pengayaan, dan (3) penilaian kualitas dan kelayakan dalam penggunaan komik. Komik ini dinilai baik dan layak digunakan sebagai media pengayaan materi ekosistem ditinjau dari aspek materi, aspek tampilan, aspek penyajian, dan aspek manfaat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ekosistem, Habitat, Burung Ceret Jawa, Lereng Gunung Merapi, Komik
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 09 Oct 2017 02:12
Last Modified: 30 Jan 2019 15:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53103

Actions (login required)

View Item View Item