Pengembangan Buku Pelajaran Keterampilan Membaca dan Menulis Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing Berdasarkan Pendekatan Pembelajaran Aktif.

Roding, Miss Aesoh (2017) Pengembangan Buku Pelajaran Keterampilan Membaca dan Menulis Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing Berdasarkan Pendekatan Pembelajaran Aktif. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-miss-aesoh-roding-15715259001.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan buku pelajaran keterampilan membaca dan menulis bahasa Indonesia yang sesuai diterapkan pada pembelajar BIPA tingkat pemula berdasarkan pendekatan pembelajaran aktif, dan (2) mengetahui kelayakan buku pelajaran keterampilan membaca dan menulis bahasa Indonesia yang sesuai diterapkan pada pembelajar BIPA tingkat pemula berdasarkan pendekatan pembelajaran aktif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan prosedur pengembangan Brog and Gall. Tahap yang dilakukan dalam penelitian ini, yaitu (1) studi pendahuluan dengan cara observasi dan wawancara, (2) perencanaan desain produk, yang meliputi: sampul buku, kata pengantar, daftar isi, dan isi buku pelajatran, (3) validasi desain produk yang dilakukan dengan cara validasi oleh ahli yakni pembelajaran BIPA dengan menilai aspek kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian, dan kelayakan kegrafikan, (4) perbaikan produk, dan (5) produk akhir yakni menghasilkan buku pelajaran keterampilan membaca dan menulis bahasa Indonesia bagi penutur asing berdasarkan pendekatan pembelajaran aktif. Instrumen pengumpulan data terdiri atas lembar observasi, pedoman wawancara, dan angket. Instrumen kelayakan menggunakan scale rating dengan skor berskala 1-5. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah menghasil produk berupa buku pelajaran keterampilan membaca dan menulis bahasa Indonesia bagi penutur asing berdasarkan pendekatan pembelajaran aktif. Kualitas buku pelajaran keterampilan membaca dan menulis bahasa Indonesia bagi penutur asing berdasarkan pembelajaran aktif yang dikembangkan dalam penelitian ini menurut para ahli yaitu tinggi atau layak pada aspek kelayakan isi/materi (skor rata-rata 33 < X ≤ 36), tinggi atau layak pada aspek kelayakan bahasa (skor rata-rata 23,5 < X ≤ 24), sangat tinggi atau sangat layak pada aspek penyajian (skor rata-rata 36,5 > 36), dan sangat tinggi atau sangat layak pada aspek kelayakan kegrafikan (skor rata-rata 220,5 > 216).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: buku pelajaran, membaca dan menulis, BIPA, pembelajaran aktif.
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Oct 2017 04:02
Last Modified: 09 May 2019 08:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53100

Actions (login required)

View Item View Item