UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MEMBATIK MOTIF GEBLEK RENTENG PADA ANAK KELAS B3 TK NEGERI PEMBINA GALUR KULON PROGO

Yeni, Priandani (2017) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MEMBATIK MOTIF GEBLEK RENTENG PADA ANAK KELAS B3 TK NEGERI PEMBINA GALUR KULON PROGO. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
YENI PRIANDANI_13111241048.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan membatik motif geblek renteng pada anak kelompok B3 di TK Negeri Pembina Galur Kulon Progo. Penelitian ini dilakukan karena terdapat permasalahan dalam keterampilan motorik halus di kelas B3. Desain penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah anak kelas B3 TK Negeri Pembina Galur Kulon Progo, dengan jumlah siswa sebanyak 18 anak. Metode pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Keterampilan motorik halus anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan membatik motif geblek renteng. Peningkatan keterampilan motorik halus terjadi pada setiap siklus dan meningkat dengan baik. Pada tahap pra tindakan persentase pencapaian keterampilan motorik halus anak sebanyak 59,72% berada pada kriteria mulai berkembang (MB), kemudian meningkat pada siklus I menjadi 69,79% berada pada kriteria berkembang sesuai harapan (BSH). Pada siklus II persentase pencapaian kemampuan motorik halus anak meningkat mencapai 85,76% berada pada kriteria berkembang sangat baik (BSB). Dengan demikian, pada saat tindakan respon anak mengalami kenaikan dibanidngkan pada saat pratindakan. Hal ini disebabkan karena pada saat pra tindakan anak terlihat masih kaku dalam menggerakkan jari-jemarinya. Dan setelah dilakukan tindakan yang kedua, lebih dari setengah jumlah siswa sudah mampu menyelesaikan tugas dengan cepat, tepat, cermat dan mampu mengkoordinasikan mata dan tangan dengan baik. Kata Kunci: keterampilan motorik halus, kegiatan membatik motif geblek renteng

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 03 Oct 2017 01:53
Last Modified: 30 Jan 2019 15:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53095

Actions (login required)

View Item View Item