Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains dan Practical Skills Peserta Didik SMA/MA Kelas XI Pada Pembelajaran Kimia Materi Asam Basa

Sya'diyah, Halimatus (2017) Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains dan Practical Skills Peserta Didik SMA/MA Kelas XI Pada Pembelajaran Kimia Materi Asam Basa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-halimatus-syadiyah-15728251018.swf

Download (23MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) karakteristik instrumen penilaian kinerja; (2) kelayakan instrumen penilaian kinerja; (3) kualitas instrumen penilaian kinerja berdasarkan penilaian guru kimia kelas XI; (4) profil hasil pengukuran keterampilan proses sains peserta didik dengan menggunakan instrumen penilaian kinerja yang dikembangkan; dan (5) profil hasil pengukuran practical skills peserta didik dengan menggunakan instrumen penilaian kinerja yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D dengan empat tahapan yaitu: (1) define meliputi studi lapangan dan analisis kebutuhan; (2) design meliputi penjabaran indikator keterampilan proses sains dan practical skills, dan penyusunan instrumen penilaian kinerja; (3) develop meliputi expert appraisal dan developmental testing; dan (4) disseminate. Subjek uji produk adalah peserta didik kelas XI MAN 2 Sleman 2016/2017. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman wawancara, lembar penilaian produk, dan lembar angket guru. Teknik analisis data yaitu analisis validasi V Aiken dan reliabilitas antar rater ICC dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian ini adalah: (1) karakteristik instrumen penilaian kinerja yaitu instrumen penilaian kinerja terdiri atas lembar observasi checklist disertai silabus, RPP, LKPD, dan soal kognitif; serta dapat digunakan dalam pembelajaran kimia materi asam basa dengan menerapkan pendekatan saintifik untuk mengukur keterampilan proses sains dan practical skills peserta didik; (2) instrumen penilaian kinerja dinyatakan valid dan reliabel sehingga layak digunakan; (3) kualitas instrumen penilaian kinerja sangat baik berdasarkan hasil penilaian guru kimia kelas XI; (4) profil hasil pengukuran keterampilan proses sains peserta didik pada aspek menginterpretasi data, menghitung, dan mengklasifikasi berada di kategori sangat tinggi; menginferensi, menentukan variabel, menyusun hipotesis, dan merancang percobaan berada di kategori tinggi; memprediksi dan mengomunikasi dengan kategori cukup; dan (5) profil hasil pengukuran practical skills peserta didik pada aspek procedural and manipulative skills, observational skills, dan reporting and interpretative skills berada di kategori sangat tinggi; drawing skills dengan kategori cukup.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan - tes dan pengukuran, kimia
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2017 01:39
Last Modified: 29 Jan 2019 12:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53088

Actions (login required)

View Item View Item