PENYUSUNAN MODUL SISTEM REPRODUKSI MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN MENANAMKAN SIKAP SPIRITUAL SISWA MAN YOGYAKARTA 1 KELAS XI SEMESTER II

Qodriyani, Hidayah Ina (2017) PENYUSUNAN MODUL SISTEM REPRODUKSI MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN MENANAMKAN SIKAP SPIRITUAL SISWA MAN YOGYAKARTA 1 KELAS XI SEMESTER II. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kualitas modul sistem reproduksi manusia untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan menanamkan sikap spiritual siswa MAN I Yogyakarta kelas XI semester II; (2) mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa MAN Yogyakarta 1 kelas XI semester II setelah menggunakan modul sistem reproduksi manusia; (3) mengetahui penanaman sikap spiritual siswa MAN Yogyakarta 1 kelas XI semester II setelah menggunakan modul sistem reproduksi manusia. Penelitian ini menggunakan model Research and Development (R&D) dengan menggunakan desain ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap Implementation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi modul oleh dosen ahli materi, dosen ahli media, dosen ahli Agama Islam dan guru biologi, angket respon peserta didik uji coba terbatas terhadap modul, angket respon peserta didik uji coba produk utama terhadap modul, instrument tes pilihan ganda untuk mengetahui hasil belajar kognitif berdasarkan pretest dan posttest, dan angket penilaian sikap spiritual pada modul oleh guru biologi dan angket penanaman sikap spiritual terhadap peserta didik uji coba produk utama. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kelayakan modul sistem reproduksi manusia berdasarkan saran dan skor validator, respon peserta didik uji coba terbatas dan uji coba produk utama, angket sikap spiritual pada modul oleh guru biologi dan penanaman sikap spiritual pada peserta didik. Peningkatan hasil belajar dapat diketahui dengan menggunakan rumus gain score. Modul sistem reproduksi manusia yang disusun layak digunakan menurut ahli materi, ahli media, ahli Agama Islam dan sangat layak digunakan menurut guru biologi, peserta didik uji coba terbatas dan peserta didik uji coba produk utama. Terdapat peningkatan hasil belajar ranah kognitif peserta didik yang dapat diketahui dengan melihat gain score sebesar 0,80 dengan kategori tinggi. Modul Sistem Reproduksi Manusia yang disusun dapat menanamkan sikap spiritual peserta didik, hal tersebut ditunjukkan dari hasil penilaian sikap spiritual pada modul oleh guru biologi sebesar 60,00% dalam kategori baik dan penilaian sikap spiritual oleh peserta didik sebesar 55,30% dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Kognitif, Modul Sistem Reproduksi Manusia, Sikap Spiritual
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 04 Oct 2017 03:07
Last Modified: 30 Jan 2019 15:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53081

Actions (login required)

View Item View Item