EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN TEAM GAME TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI MOTIVASI SISWA KELAS X SMA NEGERI DI KABUPATEN SLEMAN

Sartika Apriyani, Sartika Apriyani (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN TEAM GAME TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI MOTIVASI SISWA KELAS X SMA NEGERI DI KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, FIS.

[img]
Preview
Text
TAS HALAMAN DEPAN 13405241039.pdf

Download (951kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I 13405241039.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III 13405241039.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V 13405241039.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKASAN SKRIPSI 13405241039 SARTIKA APRIYANI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
E-JURNAL 13405241039 SARTIKA APRIYANI.pdf

Download (640kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan keefektifan hasil belajar geografi antara siswa yang belajar dengan model problem based learning dan Team game Tournament; (2) Perbedaan keefektifan hasil belajar geografi antara siswa yang menggunakan model problem based learning dan Team game Tournament bagi siswa dengan motivasi tinggi; (3) Perbedaan keefektifan hasil belajar geografi antara siswa yang menggunakan model problem based learning dan Team game Tournament bagi siswa dengan motivasi belajar rendah; (4) Interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi dalam mempengaruhi hasil belajar geografi. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan eksperimen semu. Populasi penelitiannya adalah siswa kelas X di SMA Negeri 2 Ngaglik dan SMA Negeri 1 Mlati dengan sampel siswa kelas X IIS 2 SMA N 2 Ngaglik dan siswa kelas X MIPA 1 SMA N 1 Mlati. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar geografi dengan model team game tournament lebih tinggi dibandingkan model problem based learning (47,21 > 40,04) dengan nilai p 0,042; (2) bagi siswa dengan motivasi tinggi hasil belajar geografi dengan model team game tournament lebih tinggi dibandingkan model problem based learning (54,92 > 41,45) dengan nilai p 0,000; (3) bagi siswa dengan motivasi rendah hasil belajar geografi dengan model team game tournament lebih rendah dibandingkan model problem based learning (27,50 < 33,93) dengan nilai p 0,021 (4) terdapat interaksi model dengan motivasi dalam mempengaruhi hasil belajar geografi dengan nilai p 0,003

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 03 Oct 2017 00:25
Last Modified: 30 Jan 2019 15:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53077

Actions (login required)

View Item View Item