IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DISTRIBUSI SUMBERDAYA PENDIDIKAN DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KULON PROGO

Sukesti, Bekti (2017) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DISTRIBUSI SUMBERDAYA PENDIDIKAN DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Bekti Sukesti_13110241021_TAS_10.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan distribusi sumberdaya pendidikan di Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini dibatasi pada bidang sarana dan prasarana pendidikan, tenaga pendidik dan pembiayaan pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penilitian ini adalah staf Dinas pendidikan, guru dan pegawai sekolah. Penelitian dilakukan di Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo, SMP N 1 Lendah dan SMP N 2 Galur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang dikembangkan oleh Matthew B. Miles dan Michael A. Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kebijakan distribusi sumberdaya pendidikan dalam bidang sarana dan prasarana secara umum dimulai dengan koordinasi, pengajuan proposal, verifikasi, evaluasi dan pengadaan. Kebijakan distribusi tenaga pendidik secara umum dilakukan dengan koordinasi, pengajuan dan penataan antara Dinas Pendidikan, sekolah dan BKPP Kabupaten Kulon Progo. Kebijakan distribusi pembiayaan pendidikan secara umum terdiri dari penyaluran biaya dari pemerintah melalui Dinas Pendidikan dan dari pemerintah ke sekolah langsung. (2) Implementasi kebijakan distribusi sumberdaya pendidikan dilihat dari aspek komunikasi sudah konsisten, sumberdaya staf, fasilitas maupun anggaran belum terpenuhi, disposisi, pembagian tanggungjawab, kerjasama yang baik dalam melaksanakan kebijakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Implementasi kebijakan, distribusi sumberdaya pendidikan sarana dan prasarana, tenaga pendidik, pembiayaan.
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 04 Oct 2017 03:09
Last Modified: 30 Jan 2019 15:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53075

Actions (login required)

View Item View Item