IMPLEMENTASI PROGRAM GURU PEMBELAJAR DI SDN SERAYU YOGYAKARTA

Paramita, Ade Tarina (2017) IMPLEMENTASI PROGRAM GURU PEMBELAJAR DI SDN SERAYU YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Ade Tarina Paramita_13110241050_TAS_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Implementasi program guru pembelajar di SDN Serayu Yogyakarta. (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi program guru pembelajar di SDN Serayu Yogyakarta. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan setting penelitian di SDN Serayu Yogyakarta. Subjek penelitian ini antara lain kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Sementara uji keabsahan datanya melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Impelementasi program guru pembelajar bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dengan selalu meng-update potensi dan pengetahuannya secara terus-menerus melalui moda pembelajaran daring murni, daring kombinasi, dan tatap muka penuh dalam rangka memngembangkan pembelajaran yang efektif. Manfaat yang diperoleh guru ada meningkatnya wawasan, saling berbagi pengalaman, mendorong guru mengembangkan metode dan media pembelajaran, dan meningkatkan pemanfaatan ICT. Implementasi program guru pembelajar diawali dengan sosialisasi, pembagian jadwal belajar, kegiatan pembelajaran masing-masing moda, kemudian evaluasi pembelajaran dan penerimaan sertifikat bagi yang lulus. (2) Faktor pendukung implementasi program guru pembelajar di SDN Serayu Yk adalah adanya pemberian kesempatan dari pemerintah, dukungan pihak sekolah, tersedianya sarana dan prasarana, dan motivasi diri guru. Sementara penghambatnya ialah keterbatasan waktu, kurangnya penguasaan ICT, dan keterbatasan dana.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: implementasi program, guru pembelajar, dan guru Sekolah Dasar
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 04 Oct 2017 03:02
Last Modified: 30 Jan 2019 15:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53069

Actions (login required)

View Item View Item