BUDAYA SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH ATAS 17 BANTUL

Vitaria, Lia (2017) BUDAYA SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH ATAS 17 BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Lia Vitaria_13110241038_TAS_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan budaya sekolah di Sekolah Menengah Atas 17 Bantul di bidang akademik dan non akademik. Penelitian ini mengkaji budaya sekolah dari segi nilai/gagasan, tindakan, artifak serta tantangan dan upaya dalam pengembangan budaya sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Setting penelitian di SMA 17 Bantul. Subjek penelitian ini kepala sekolah, tiga guru, tujuh siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Instrumen yang digunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman studi dokumentasi. Teknik analisis menggunakan model interactive dari Milles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut (1) Budaya di SMA 17 Bantul di bidang akademik meliputi nilai budaya membaca dan nilai penghargaan/prestasi, non akademik meliputi nilai kreativitas, nilai penghargaan/prestasi, nilai kerjasama, nilai solidaritas, nilai kedisiplinan, dan nilai kesopanan. Tindakan/perilaku budaya membaca, kedisiplinan, dan kesopanan masih membutuhkan dampingan dari guru. Artifak di SMA 17 Bantul memiliki kelengkapan fasilitas kelas yaitu LCD dan papan tulis. (2) Tantangan dalam pengembangan budaya sekolah di SMA 17 Bantul dilihat dari budaya akademik nilai budaya membaca, budaya non akademik yaitu nilai kedisiplinan dan nilai kesopanan. Tindakan/perilaku siswa yang sulit dikendalikan dalam menanamkan nilai-nilai sekolah dan minimnya pendidikan orang tua. Artifak di SMA 17 Bantul memerlukan perawatan yaitu mushola, ruang tata usaha, kamar mandi, slogan, dan semboyan agar dapat difungsikan secara optimal oleh warga sekolah. (3) Upaya dalam pengembangan budaya sekolah di SMA 17 Bantul dilihat di bidang akademik yaitu nilai budaya membaca, budaya non akademik nilai kedisiplinan dan nilai kesopanan. Tindakan/perilaku melalui penerapan peraturan sekolah dan melakukan pembinaan dalam penanaman nilai yang diyakini dan dihayati oleh seluruh warga sekolah untuk menjadikan sekolah yang berkualitas. Artifak memperbaiki fasilitas di sekolah seperti mushola, ruang tata usaha, kamar mandi, slogan dan semboyan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Budaya Akademik Sekolah, Non Akademik, Nilai-nilai Budaya
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 04 Oct 2017 03:03
Last Modified: 30 Jan 2019 15:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53068

Actions (login required)

View Item View Item