PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN PENDIDIKAN NONFORMAL DI DUSUN SAMAN II, BANGUNHARJO, SEWON, BANTUL

Tri Astuti, Astuti (2017) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN PENDIDIKAN NONFORMAL DI DUSUN SAMAN II, BANGUNHARJO, SEWON, BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Tri Astuti_1310241059_0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) partisipasi masyarakat dalam membangunan pendidikan nonformal, dan (2) faktor penghambat partisipasi masyarakat dalam membangunan pendidikan nonformal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus.Setting penelitian yaitu di dusun Saman II, Bangunharjo, Sewon, Bantul. Informan dalam penelitian ini adalah pengurus program pendidikan nonformal, pengurus dusun dan masyarakat sasaran. Metode pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data komponensial yang dilakukan secara induktif.Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) partisipasi masyarakat dalam membangun pendidikan nonformal di dusun Saman II, Bangunharjo, Sewon, Bantul sudah terlaksana dengan baik. Hal ini dilihat dari berbagai aspek yaitu pihak-pihak yang berpartisipasi, motivasi partisipasi masyarakat, tahapan-tahapan partisipasi dan bentuk-bentuk partisipasi masyarakat. Pihak-pihak yang berpartisipasi terdiri dari pihak ekternal, yang meliputi pemerintah Desa Bangunharjo, penerbit, mahasiswa, Babinkabtimas Sewon, perusahaan/ pengusaha dan pihak internal yang meliputi masyarakat sasaran, pengurus dusun, organisasi masyarakat dan program pendidikan nonformal. Akan tetapi, pihak pengurus program pendidikan nonformal belum saling bekerjasama antara satu dengan lainnya, apabila terdapat kerjasama antar program pendidikan nonformal, maka akan saling melengkapi. Motivasi partispasi masyarakat terdiri dari motivasi intrinsik dan ektrinsik. Tahapan-tahapan partisipasi terdiri daritahapan pengambilan keputusan, tahapan pelaksanaan, tahapan pengambilan manfaat, dan tahapan evaluasi, akan tetapi terdapat tahapan evaluasi yang belum terlaksana yaitu program TBM Gubuk Cakrawala, dan PAUD SPS Idaman. Bentuk-bentuk partisipasi masyarakat yaitu bentuk partisipasi fisik terdiri dari partisipasi keahlian/ penyampaian ilmu pengetahuan, tempat, tenaga, pendanaan dan partisipasi nonfisik yang terdiri dari pengawasan, motivasi, dan penyampaian ide pemikiran. (2) Faktor-faktor penghambat partisipasi masyarakat terdiri dari faktor malas, faktor pekerjaan, faktor pengurus internal, faktor pengurus dusun, dan faktor dana.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Partisisipasi Masyarakat, Membangun, Pendidikan Nonformal
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 04 Oct 2017 02:54
Last Modified: 30 Jan 2019 15:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53054

Actions (login required)

View Item View Item