FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT SISWA MEMILIH MASUK KE SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PROGRAM KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI DI KABUPATEN KULON PROGO

Prasetyo, Wibowo (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT SISWA MEMILIH MASUK KE SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PROGRAM KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI DI KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
TAS_PRASETYO WIBOWO_13501244012.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Deskripsi faktor internal dan faktor eksternal terhadap minat siswa, (2) Pengaruh faktor internal terhadap minat siswa, (3) Pengaruh faktor eksternal terhadap minat siswa, (4) Pengaruh faktor internal dan faktor eksternal secara bersama-sama terhadap minat siswa. Minat pada penelitian ini adalah minat siswa memilih masuk ke sekolah menengah kejuruan program keahlian elektronika industri di Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa-siswi kelas X SMK Program Keahlian Elektronika Industri di Kabupaten Kulon Progo tahun ajaran 2016/2017. Data dikumpulkan dengan kuisioner, data yang terkumpul sebanyak 85 siswa-siswi dari 102 siswa-siswi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Deskripsi faktor internal yang meliputi motivasi dan bakat sebagian siswa termasuk dalam kategori Sangat Tinggi (56,47%), Deskripsi faktor eksternal siswa yang meliputi keluarga dan masyarakat sebagian siswa termasuk dalam kategori Tinggi (34,11%), Deskripsi minat sebagian siswa termasuk dalam kategori Sangat Tinggi (67,05%), (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara faktor internal yang meliputi motivasi dan bakat terhadap minat siswa sebesar (50,9%), (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara faktor eksternal yang meliputi keluarga dan masyarakat terhadap minat siswa sebesar (15,6%), (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara faktor internal yang meliputi motivasi dan bakat serta faktor eksternal yang meliputi keluarga dan masyarakat secara bersamasama terhadap minat siswa sebesar (50,9%) dengan persamaan garis regresi diperoleh Y=21,165+0,451X₁+0,001X₂.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Faktor internal, Faktor Eksternal, Minat Siswa
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT UNY
Date Deposited: 04 Oct 2017 02:46
Last Modified: 04 Oct 2017 02:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53038

Actions (login required)

View Item View Item