STUDI KOMPARASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN TEACHER CENTER LEARNING (TCL) DENGAN STUDENT CENTER LEARNING (SCL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR DISAIN KELAS X SMK NEGERI 3 MAGELANG

Ari, Susaanti (2017) STUDI KOMPARASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN TEACHER CENTER LEARNING (TCL) DENGAN STUDENT CENTER LEARNING (SCL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR DISAIN KELAS X SMK NEGERI 3 MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1-3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover fix.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR gambar baru.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI ku.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR lampiran.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN lengkap.pdf

Download (895kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) hasil belajar ruang lingkup disain yang menerapkan pendekatan pembelajaran TCL pada mata pelajaran dasar disain siswa kelas X. 2) hasil belajar ruang lingkup disain yang menerapkan pendekatan pembelajaran SCL pada mata pelajaran dasar disain siswa kelas X. 3) perbandingan hasil belajar ruang lingkup disain yang menerapkan pendekatan TCL dengan SCL pada mata pelajaran dasar disain siswa kelas X SMK N 3 Magelang. Metode penelitian yang digunakan adalah komparasi dengan disain penelitian intact-group comparison. Subjek penelitian ini kelas X busana butik sebanyak 108 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling dengan tingkat kesalahan 10%, maka jumlah sampel sebanyak 72 siswa. Kelas untuk penelitian adalah 36 siswa untuk kelas TCL dan 36 siswa untuk kelas SCL. Pengumpulan data penelitian menggunakan intrumen tesdan non tes. Intrumen tes hasil belajar dilakukan validasi oleh para ahli(judgement expert) yaitu ahli materi dan ahli model pembelajaran. Validitas soal tes kognitif yang terdiri dari 25 soal pilihan ganda dinyatakan valid. Validitas intrumen psikomotor dan afektif dinyatakan layak untuk penelitian. Uji reliabilitas menggunakan Cronbach's Alpha dengan hasil 0,525 atau cukup reliabel. Penentuan nilai akhir, ranah kognitif sebesar 30%, afektif 30% dan psikomotor 40%. Persyaratan analisis data untuk pengujian hasil penelitian menggunakan uji normalitas dengan levene diperoleh hasil 0,949>0,05 atau data pada disrtribusi normal, uji homogenitas dengan Kolmogorov Smirnov diperoleh hasil Fhit 2,22 < Ftab 2,37 dengan simpulan data homogen, uji hipotesis menggunakan uji T-tes. Hasil penelitian menunjukan: 1) hasil belajar ruang lingkup disain yang menerapkan pendekatan pembelajara TCL pada mata pelajaran dasar disain siswa kelas X memperoleh niai rata-rata 73 dan 33% atau 12 siswa tuntas. 2) Hasil belajar ruang lingkup disain yang menerapkan pendekatan pembelajaran SCL pada mata pelajaran dasar disain siswa kelas X memperoleh nilai rata-rata 82 dan 94% atau 34 siswa tuntas. 3) Perbedaan hasil belajar ruang lingkup disain kelas TCL dengan kelas SLC pada mata pelajaran dasar disain sisa kelas X. Hasil uji t-tes kelas TCL dengan SCL diperoleh sebesar 6,330 dengan df=35 maka diperoleh ttabel 2,028, sehingga thitung 6,3330 > ttabel 2,028 dengan signifikansi 0,000, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan hasil belajar dasar disain siswa kelas SCL lebih baik dibanding kelas TCL.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: komparasi TCL dan SCL, hasil belajar ruang lingkup disain, dasar disain
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 04 Oct 2017 02:12
Last Modified: 30 Jan 2019 15:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53031

Actions (login required)

View Item View Item