Pengembangan Tes Creative Thinking Skills Menggunakan Computerized Adaptive Tes (CAT) pada Mata Pelajaran Fisika SMA Kelas X

Rahayu, Farida (2017) Pengembangan Tes Creative Thinking Skills Menggunakan Computerized Adaptive Tes (CAT) pada Mata Pelajaran Fisika SMA Kelas X. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-farida-rahayu-15726251008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan tes Creative Thinking Skills Fisika yang valid dan reliabel sehingga dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif peserta didik SMA dan 2) menguji efektivitas tes Creative Thinking menggunakan Computerized Adaptive Test (CAT). Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan menggunakan model penelitian 4D (Define, Design, Develop and Disseminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Tahap penelitian meliputi: 1) Pengembangan tes Creative Thinking menggunakan CAT dan 2) Pengujian efektivitas penerapan tes Creative Thinking Skills menggunakan CAT. Tahap 1) yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi: (1) pendefinisian, (2) penyusunan kisi-kisi tes, (3) penulisan item, (4) validasi isi item tes oleh ahli, (5) perbaikan item dan perakitan tes, (6) penyusunan Pedoman Penskoran dengan Partial Credit Model (PCM), dan (7) uji coba soal, meliputi: (a) penetapan subjek uji coba, (b) pelaksanaan uji coba tes (validasi empiris), dan (c) analisis data hasil uji coba berdasarkan Item Response Theory (IRT). Tahap ini dilakukan di empat SMA di Kabupaten Gunung Kidul, antara lain SMAN 1 Patuk, SMAN 2 Playen, SMAN 1 Karangmojo dan SMAN 1 Wonosari yang melibatkan 300 peserta didik. Tahap 2) meliputi: (1) setting item tes dalam CAT, (2) validasi ahli media, dan (3) uji efektivitas penerapan Tes Creative Thinking Skills dengan CAT berdasarkan respon pendidik dan peserta didik. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) instrumen tes Creative Thinking Skills yang dikembangkan valid, reliabel dan layak digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif fisika peserta didik: a) berdasarkan validasi ahli, indeks V Aiken instrumen tes Creative Thinking Skills sebesar 0,72, b) hasil uji coba empiris menyatakan instrumen tes fit dengan PCM, nilai INFIT MNSQ berada pada rentang 0,93 sampai 1,10, c) tingkat kesukaran soal baik, hasil penelitian menunjukkan tingkat kesukaran soal berada pada rentang -1,06 sampai 1,04, d) keseluruhan butir soal dinyatakan cukup reliabel dengan nilai reliabilitas item 0,72 dan reliabilitas orang 0,70 dan e) berdasarkan fungsi informasi dan SEM diketahui jika instrumen tes sesuai dengan peserta didik dengan kemampuan (-1,8≤θ≤3). 2) Media Computerized Adaptive Test (CAT) yang dikembangkan layak digunakan dan efektif mengukur kemampuan berpikir kreatif peserta didik: a) berdasarkan validasi ahli media, skor rata – rata validitas media sebesar 3,28 dengan kriteria baik dan b) media Computerized Adaptive Test (CAT) efektif digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan persentase kelayakan media CAT sebesar 82,6% dan kriteria efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: teknologi pendidikan, fisika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2017 03:33
Last Modified: 05 Dec 2023 06:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53029

Actions (login required)

View Item View Item