Keefektifan Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA Model Guided Inquiry untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep, Sikap Rasa Ingin Tahu dan Keterampilan Proses IPA Siswa SMP Kelas VII

Sumartik, Elya (2017) Keefektifan Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA Model Guided Inquiry untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep, Sikap Rasa Ingin Tahu dan Keterampilan Proses IPA Siswa SMP Kelas VII. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-elya-sumartik-15708259008.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan SSP IPA model guided inquiry terhadap: (1) pemahaman konsep, (2) sikap rasa ingin tahu, (3) keterampilan proses IPA, (4) pemahaman konsep, sikap rasa ingin tahu dan keterampilan proses IPA siswa SMP kelas VII pada SMPN 1 Badau dan SMPN 1 Selimbau. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain pretest-posttest with nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMPN 1 Badau dan SMPN 1 Selimbau. Sampel dari penelitian di SMPN 1 Badau adalah kelas VII B sebagai kelas kontrol (30 siswa) dan kelas VII A sebagai kelas eksperimen (30 siswa). Sedangkan sampel dari penelitian di SMPN 1 Selimbau adalah kelas VII C sebagai kelas kontrol (28 siswa) dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen (28 siswa). Perangkat SSP yang digunakan dalam penelitian ini merupakan hasil pengembangan perangkat dari Sri Rokhmaniyati (2016). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Tes digunakan untuk mengukur pemahaman konsep sebelum dan sesudah perlakuan, sedangkan non tes berupa lembar observasi untuk mengukur sikap rasa ingin tahu dan keterampilan proses selama perlakuan diberikan. Teknik analisis yang digunakan adalah: gain standard, serta analisis signifikansi dengan One Way Manova, dan Independent samples T test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan SSP IPA model guided inquiry efektif untuk meningkatkan:1) pemahaman konsep, 2) sikap rasa ingin tahu, 3) keterampilan proses IPA, dan 4) pemahaman konsep, sikap rasa ingin tahu dan keterampilan proses IPA siswa SMP kelas VII secara bersamaan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2017 02:59
Last Modified: 29 Jan 2019 12:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53022

Actions (login required)

View Item View Item