Implementasi Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini di Kelompok Bermain Rabbani

Mayasarokh, Mira (2017) Implementasi Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini di Kelompok Bermain Rabbani. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mira-mayasarokh-15717251034.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter pada anak usia dini di Kelompok Bermain Rabbani yang meliputi: (1) perencanaan pembelajaran; (2) proses pembelajaran; (3) evaluasi; dan (4) kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi fenomenologis. Penelitian ini dilaksanakan di Kelompok Bermain Rabbani. Unit analisis dalam penelitian ini adalah implementasi pendidikan karakter, penyelenggara, kepala lembaga, guru, orang tua, dan peserta didik. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah penyelenggara, kepala, guru, dan orang tua. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Keabsahan data dilakukan dengan teknik meningkatkan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Teknik analisis data dilakukan sesuai dengan analisis pendekatan penelitian kualitatif fenomenologis dengan langkah-langkah: (a) organisasi data; (b) membaca dan mengingat data; (c) mendeskripsikan data; (d) mengklasifikasikan data; (e) menginterpretasikan data; dan (f) menyajikan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran pendidikan karakter dituangkan dalam bentuk Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang dikembangkan dari Kurikulum PAUD 2013 oleh penyelenggara, kepala, dan guru dengan perangkat perencanaan pembelajaran yang terdiri dari program tahunan, program semester, RPPM, RPPH, dan penilaian; (2) proses pembelajaran pendidikan karakter dilakukan secara terintegrasi dengan pengembangan aspek-aspek yang lain melalui pendekatan, metode, dan kegiatan pembelajaran; (3) evaluasi ketercapaian pendidikan karakter dilakukan melalui penilaian harian, bulanan, dan semester berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan setiap hari untuk dilaporkan kepada orang tua setiap semester dalam bentuk laporan perkembangan anak; (4) kendala yang dihadapi dalam mengiplementasikan pendidikan karakter tersebut berasal dari faktor oraang tua, lingkungan, dan lembaga.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan moral, Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2017 02:52
Last Modified: 29 Jan 2019 12:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53020

Actions (login required)

View Item View Item