Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di SMA Azizstan Pattani Thailand

Pohji, Bukhoree (2017) Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di SMA Azizstan Pattani Thailand. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-bukhoree pohji-15703259004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SMA Azizstan Pattani Thailand terkait dengan peran kepala sekolah dan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi program peningkatan kompetensi profesional guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Instrumen penelitian meliputi pedoman wawancara dan pedoman observasi. Teknik analisis data yang digunakan mengacu pada analisis data model interaktif Miles & Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru berupa (1) perencanaan peningkatan kompetensi profesional guru oleh kepala sekolah dilakukan dengan rapat khusus untuk membahas penyusunan perencanaan bersama dengan guru dan staf pengurus serta pembentukan team. (2) Jenis peningkatan kompetensi profesional guru menjadi dua jangka yaitu: pertama, kegiatan jangka pendek meliputi, mengirimkan para guru mengikuti pelatihan, seminar dan workshop, mengadakan pelatihan di lingkungan sekolah, kedua; kegiatan jangka panjang meliputi: mengadakan studi banding ke sekolah yang lebih maju, melanjut studi bagi guru ke jenjang yang lebih tinggi. Pelaksanaan tersebut dikontrol langsung oleh kepala sekolah. (3) Kepala sekolah melakukan evaluasi dengan membuat angket penilaian guru terhadap proses pembelajaran di kelas yang diisi oleh siswa. (4) Peran kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi profesional guru antaranya: peran sebagai educator adalah dengan memberi model pembelajaran sesuai dengan situasi dan kondisi; peran sebagai manager adalah memberdayakan guru dengan membagi tugas sesuai dengan kemampuan masing-masing serta memenuhi kebutuhan guru dengan melengkapi sarana dan prasarana; peran sebagai administrator adalah pengelolaan program administrasi dengan memberikan tugas kepada guru serta pengawasan dan membenarkan apabila ada kesalahan, peran sebagai supervisor adalah kepala sekolah melakukan supervisi dengan cara ke kelas saat guru melakukan proses pembelajaran; peran sebagai leader adalah dengan mencontohi sikap yang baik dan demokrasi; peran sebagai inovator adalah dengan melakukan inovasi di bidang pembelajaran dengan menggunakan teknologi komputer; peran sebagai motivator adalaha dengan memberikan dorongan kepada guru agar semangat dalam melaksanakan tugas sebagai guru.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen dan organisasi sekolah
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2017 02:24
Last Modified: 22 Oct 2021 04:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53019

Actions (login required)

View Item View Item