Evaluasi Program Pelatihan Pembuatan Baju Bodo Khas Sulawesi Selatan di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Ujung Pandang Kota Makassar

Pratiwi, Nini (2017) Evaluasi Program Pelatihan Pembuatan Baju Bodo Khas Sulawesi Selatan di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Ujung Pandang Kota Makassar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nini-pratiwi-14704251018.swf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil Evaluasi : (1) tingkat kepuasan perserta pelatihan;(2) tingkat pemahaman materi peserta pelatihan ; (3) tingkat Implementasi perilaku peserta pasca pelatihan ; (4) peningkatan keberhasilan pesrta di sebabkan adanya pelatihan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian evaluasi menggunakan model Empat Level Kirpatrick yaitu: Level Reaksi, belajar, perilaku, dan hasil. Sampel Penelitian adalah 28 Peserta Alumni Pelatihan, 2 Tutor, 1 Ketua Penyelenggara Pelatihan, 1 Kepala SKB di Ujung Pandang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, dan wawancara tidak terstruktur. Data kuantitatif diolah dengan bantuan SPSS 21.0 for windows. Validitas Instrumen Pada level Reaksi, belajar, perilaku,dan hasil menggunakan Corrected Item-Total Correlation. Perhitungan reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) evaluasi tingkat reaksi: kepuasan pelatihan pembuatan baju bodo khas sulawesi selatan terhadap aspek materi, tutor,fasilitas,dan metode pelatihan menggunakan PAP dan PAN masuk dalam kategori “PUAS” 2) evaluasi tingkat belajar: pemahaman materi peserta pelatihan pembuatan baju bodo khas sulawesi selatan terhadap aspek pemahaman materi pelatihan dengan menggunakan PAP dan PAN masuk dalam kategori “Menguasai” 3) evaluasi tingkat perilaku: implementasi perilaku peserta pasca pelatihan pembuatan baju bodo khas sulawesi selatan terhadap aspek perilaku pasca pelatihan dengan menggunakan PAP dan PAN masuk dalam kategori “mengimplementasikan”4) evaluasi tingkat hasil : peningkatan kompetensi hasil disebabkan oleh adanya pelatihan pembuatan baju bodo khas sulawesi selatan dengan meggunakan PAP dan PAN masuk dalam kategori “mengalami kurang peningkatan”.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan luar sekolah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2017 01:47
Last Modified: 29 Jan 2019 12:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53017

Actions (login required)

View Item View Item