Pengembangan Virtual Chemistry Laboratory Berbasis HTML5 Terintegrasi dalam Hybrid Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik SMA/MA

Arif, Zulham (2017) Pengembangan Virtual Chemistry Laboratory Berbasis HTML5 Terintegrasi dalam Hybrid Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik SMA/MA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-zulham-arif-15728251012.swf

Download (24MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) karakteristik media pembelajaran virtual chemistry laboratory berbasis HTML5 terintegrasi Hybrid Learning pada materi larutan elektrolit-non elektrolit dan reaksi redoks untuk peserta didik kelas X SMA/MA; (2) kualitas media pembelajaran virtual chemistry laboratory; dan (3) perbedaan peningkatan motivasi dan prestasi belajar peserta didik SMA yang menggunakan media pembelajaran virtual chemistry laboratory berbasis HTML5 terintegrasi Hybrid Learning dengan pembelajaran praktikum riil menggunakan metode pembelajaran saintifik. Penelitian ini merupakan research and development (R&D), yang mengadaptasi model Borg & Gall. Penilaian produk dilakukan oleh satu ahli media, satu ahli materi kimia, lima peer reviewer dan sepuluh pendidik kimia. Uji coba produk dilakukan kepada peserta didik kelas X SMA/MA dengan rincian lima peserta didik MAN Wonosari untuk uji pengembangan awal dan 20 peserta didik MA Al-Iman untuk uji pengembangan. Uji lapangan menggunaan masing- masing 30 peserta didik sebagai kelas kontrol dan 33 peserta didik kelas eksperimen pada kelas X MAN Maguwoharjo untuk uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket motivasi belajar, dan soal tes prestasi belajar. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) software media pembelajaran virtual chemistry laboratory yang dapat dioperasikan dengan menggunakan berbagai macam perangkat elektronik secara online atau install terlebih dahulu, mendukung pembelajaran kimia SMA pada materi larutan elektrolit-non elektrolit dan reaksi redoks, serta menyajikan materi pembelajaran yang relevan dengan visualisasi media pembelajaran; (2) produk media virtual chemistry laboratory berbasis HTML5 yang telah dikembangkan memiliki kualitas sangat baik berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, peer reviewer, pendidik kimia dan peserta didik SMA, sehingga layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran; dan (3) terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan pada motivasi dan prestasi belajar peserta didik yang menggunakan media pembelajaran virtual chemistry laboratory berbasis HTML5 terintegrasi hybrid learning dengan pembelajaran praktimum menggunakan metode pembelajaran saintifik di kelas X MAN Maguwoharjo Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: teknologi pendidikan, kimia
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2017 01:34
Last Modified: 29 Jan 2019 12:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53014

Actions (login required)

View Item View Item