Hujatulatif, Adha (2017) INQUIRY DENGAN MENERAPKAN KONSTRUKTIVISME SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN IPA MEANINGFUL KELAS VIII SMP. S1 thesis, FMIPA UNY.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (499kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (643kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (367kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kelayakan LKPD berbasis pendekatan guided inquiry dengan menerapkan konstruktivisme pada tema “Perolehan Nutrisi dan Transformasi Energi pada Tumbuhan” sebagai bahan ajar berdasarkan kriteria kelayakan LKPD. (2) Mengetahui kategori peningkatan meaningful learning melalui penggunaan LKPD berbasis pendekatan guided inquiry dengan menerapkan konstruktivisme pada tema “Perolehan Nutrisi dan Transformasi Energi pada Tumbuhan”. Model penelitian yang digunakan adalah model pengembangan 4D yang terdiri atas empat tahap yang meliputi tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebarluasan). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B SMP N 1 Tempel sejumlah 32 peserta, dosen ahli sejumlah 2 dosen, guru sejumlah 2 guru dan teman sejawat sejumlah 2 teman. Pembelajaran dilakukan 4 x 40 menit. Data kelayakan produk dikumpulkan menggunakan lembar validasi komponen produk dan angket respon. Kedua data tersebut dianalisis dengan pedoman kriteria penilaian ideal untuk menentukan kelayakan LKPD yang dikembangkan. Data meaningful learning dikumpulkan menggunakan instrumen lembar observasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria penilaian ideal untuk menentukan kategori peningkatan meaningful learning serta uji-t untuk mengetahui signifikansi peningkatan meaningful learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Produk LKPD layak dengan penilaian oleh ahli dan respon peserta didik terhadap produk LKPD menghasilkan nilai A dengan kategori sangat baik. (2) Kategori peningkatan meaningful learning melalui penggunaan LKPD sangat baik dengan nilai A. Berdasarkan uji-t terhadap data sampel diperoleh nilai probabilitas berdasarkan tabel paired sample test sig. < 0,05 atau 0,000 < 0,05 yang menunjukkan terdapat perbedaan signifikan sebelum dan sesudah menggunakan produk LKPD yang dikembangkan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guided Inquiry, Konstruktivisme ,LKPD, Meaningful Learning |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPA FMIPA |
Date Deposited: | 16 Oct 2017 01:37 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:14 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53013 |
Actions (login required)
View Item |