INQUIRY DENGAN MENERAPKAN KONSTRUKTIVISME SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN IPA MEANINGFUL KELAS VIII SMP

Hujatulatif, Adha (2017) INQUIRY DENGAN MENERAPKAN KONSTRUKTIVISME SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN IPA MEANINGFUL KELAS VIII SMP. S1 thesis, FMIPA UNY.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (367kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kelayakan LKPD berbasis pendekatan guided inquiry dengan menerapkan konstruktivisme pada tema “Perolehan Nutrisi dan Transformasi Energi pada Tumbuhan” sebagai bahan ajar berdasarkan kriteria kelayakan LKPD. (2) Mengetahui kategori peningkatan meaningful learning melalui penggunaan LKPD berbasis pendekatan guided inquiry dengan menerapkan konstruktivisme pada tema “Perolehan Nutrisi dan Transformasi Energi pada Tumbuhan”. Model penelitian yang digunakan adalah model pengembangan 4D yang terdiri atas empat tahap yang meliputi tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebarluasan). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B SMP N 1 Tempel sejumlah 32 peserta, dosen ahli sejumlah 2 dosen, guru sejumlah 2 guru dan teman sejawat sejumlah 2 teman. Pembelajaran dilakukan 4 x 40 menit. Data kelayakan produk dikumpulkan menggunakan lembar validasi komponen produk dan angket respon. Kedua data tersebut dianalisis dengan pedoman kriteria penilaian ideal untuk menentukan kelayakan LKPD yang dikembangkan. Data meaningful learning dikumpulkan menggunakan instrumen lembar observasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria penilaian ideal untuk menentukan kategori peningkatan meaningful learning serta uji-t untuk mengetahui signifikansi peningkatan meaningful learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Produk LKPD layak dengan penilaian oleh ahli dan respon peserta didik terhadap produk LKPD menghasilkan nilai A dengan kategori sangat baik. (2) Kategori peningkatan meaningful learning melalui penggunaan LKPD sangat baik dengan nilai A. Berdasarkan uji-t terhadap data sampel diperoleh nilai probabilitas berdasarkan tabel paired sample test sig. < 0,05 atau 0,000 < 0,05 yang menunjukkan terdapat perbedaan signifikan sebelum dan sesudah menggunakan produk LKPD yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Guided Inquiry, Konstruktivisme ,LKPD, Meaningful Learning
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 16 Oct 2017 01:37
Last Modified: 30 Jan 2019 15:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53013

Actions (login required)

View Item View Item