PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA N 1 KARANGANOM KLATEN TAHUN AJARAN 2016/2017

Cahyanuari, Seffri Indah (2017) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA N 1 KARANGANOM KLATEN TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_SEFFRI INDAH CAHYANUARI_13804241038.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui: 1) Pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap motivasi belajar ekonomi siswa. 2) Pengaruh persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar ekonomi siswa. 3) Pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan penggunaan media pembelajaran secara bersama-sama terhadap motivasi belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA N 1 Karanganom Klaten Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian sensus dengan populasi sebanyak 113 siswa kelas X IPS SMA N 1 Karanganom Klaten. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (kuesioner). Uji validitas instrumen menggunakan Product Moment dan uji reliabilitasnya menggunakan Cronbach’s Alpha. Uji prasyarat analisis yang digunakan meliputi uji linearitas dan uji multikolinearitas. Metode analisis data menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap motivasi belajar ekonomi siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung 5,656 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 atau (p) < 0,05. 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar ekonomi siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung 4,296 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 atau (p) < 0,05. 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan penggunaan media pembelajaran secara bersama-sama terhadap motivasi belajar ekonomi siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Fhitung 44,482 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 atau (p) < 0,05. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,447 atau 44,7% yang mengindikasikan bahwa motivasi belajar ekonomi siswa dapat dijelaskan oleh variabel persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan penggunaan media pembelajaran sebesar 44,7%, sedangkan sisanya 55,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa, Metode Mengajar Guru, Penggunaan Media Pembelajaran, Motivasi Belajar Ekonomi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 29 Sep 2017 03:00
Last Modified: 30 Jan 2019 15:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53007

Actions (login required)

View Item View Item