PENGARUH PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL), MINAT, DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PROFESIONAL MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI ANGKATAN 2013 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Praptiana, Yurike (2017) PENGARUH PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL), MINAT, DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PROFESIONAL MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI ANGKATAN 2013 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
6. SKRIPSI YURIKE PRAPTIANA - PENDIDIKAN EKONOMI (13804241021).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh PPL, minat, dan prestasi belajar terhadap kesiapan menjadi guru profesional mahasiswa Fakultas Ekonomi angkatan 2013 Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi angkatan 2013 Universitas Negeri Yogyakarta yang berjumlah 72 mahasiswa. Uji validitas menggunakan Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Uji prasyarat analisis yang digunakan meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedastisitas. Metode analisis data menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan PPL terhadap kesiapan menjadi guru profesional, dengan nilai thitung 6,258 dan nilai signifikansi 0,000. 2) Terdapat Pengaruh positif dan signifikan minat terhadap kesiapan menjadi guru profesional, dengan nilai thitung 2,143 dan nilai signifikansi 0,036. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan prestasi belajar terhadap kesiapan menjadi guru profesional, dengan nilai thitung 2,886 dan nilai signifikansi 0,005. 4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan PPL, minat, dan prestasi belajar terhadap kesiapan menjadi guru profesional, dengan nilai Fhitung 24,264 dan nilai signifikansi 0,000. Besarnya koefisien determinasi (R2) sebesar 0,517 atau 51,7%. Hasil ini mengindikasikan bahwa kesiapan menjadi guru dapat dijelaskan oleh variabel PPL, minat, dan prestasi belajar sebesar 51,7%, sedangkan sisanya 48,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PPL, Minat, Prestasi Belajar, Kesiapan menjadi Guru Profesional
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 29 Sep 2017 02:56
Last Modified: 30 Jan 2019 15:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52996

Actions (login required)

View Item View Item