HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN SOSIAL DAN KEAKTIFAN BERORGANISASI DENGAN KOMPETENSI SOSIAL MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN IPS FIS UNY SEBAGAI CALON GURU

TATI NUR AMANAH, TATI NUR AMANAH (2017) HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN SOSIAL DAN KEAKTIFAN BERORGANISASI DENGAN KOMPETENSI SOSIAL MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN IPS FIS UNY SEBAGAI CALON GURU. S1 thesis, FIS.

[img]
Preview
Text
halaman Depan 13416244012.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I 13416244012.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III 13416244012.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bav-lampiran 13416244012.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ringkasan 13416244012.pdf

Download (712kB) | Preview
[img]
Preview
Text
JURNAL 13416244012.pdf

Download (312kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hubungan antara lingkungan sosial dengan kompetensi sosial mahasiswa jurusan Pendidikan IPS FIS UNY sebagai calon guru, (2) hubungan antara keaktifan berorganisasi dengan kompetensi sosial mahasiswa jurusan Pendidikan IPS FIS UNY sebagai calon guru, (3) hubungan antara lingkungan sosial dan keaktifan berorganisasi secara bersama-sama dengan kompetensi sosial mahasiswa jurusan Pendidikan IPS FIS UNY sebagai calon guru. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa jurusan Pendidikan IPS FIS UNY angkatan 2015 dan 2016 yang sedang aktif dalam organisasi kemahasiswaan sebanyak 91 mahasiswa. Data dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Hasil uji validitas menunjukkan dari 55 pernyataan, terdapat 11 pernyataan yang tidak valid. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat: (1) hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan sosial dengan kompetensi sosial mahasiswa jurusan Pendidikan IPS FIS UNY sebagai calon guru. Dengan demikian, semakin baik lingkungan sosial mahasiswa maka kompetensi sosialnya juga semakin baik. (2) hubungan yang positif dan signifikan antara keaktifan berorganisasi dengan kompetensi sosial mahasiswa jurusan Pendidikan IPS FIS UNY sebagai calon guru. Dengan demikian, semakin baik keaktifan berorganisasi mahasiswa maka kompetensi sosialnya juga semakin baik. (3) hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan sosial dan keaktifan berorganisasi secara bersama-sama dengan kompetensi sosial mahasiswa jurusan Pendidikan IPS FIS UNY sebagai calon guru. Dengan demikian, semakin baik lingkungan sosial dan keaktifan berorganisasi mahasiswa secara bersama-sama maka kompetensi sosialnya juga semakin baik Kata kunci: lingkungan sosial, keaktifan berorganisasi, kompetensi sosial

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 28 Sep 2017 03:03
Last Modified: 30 Jan 2019 15:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52989

Actions (login required)

View Item View Item