Pengembangan Media Pembelajaran IPA Komik Animasi Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Kemandirian dan Berpikir Aplikatif Siswa SMP.

Kolopaking, Novia Astriana (2017) Pengembangan Media Pembelajaran IPA Komik Animasi Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Kemandirian dan Berpikir Aplikatif Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-novia-astriana-kolopaking.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui karakteristik media pembelajaran IPA komik animasi berbasis inkuiri untuk materi sistem organisasi kehidupa siswa kelas VII SMP, dan (2) menghasilkan media pembelajaran IPA komik animasi berbasis inkuiri yang efektif untuk meningkatkan kemandirian dan berpikir aplikatif siswa kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan dengan cara yang diadaptasi dari model Borg and Gall. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Pinoh Utara Kabupaten Melawi. Subjek uji coba dalam penelitian dan pengembangan ini adalah siswa kelas VII Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 69 siswa dengan rincian: (1) uji coba awal menggunakan siswa dari kelas VII A sejumlah 9 orang, dan (2) uji coba utama menggunakan 30 siswa dari kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas VII C sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi produk, lembar observasi kemandirian, soal uraian berpikir aplikatif, dan angket respon siswa terhadap media pembelajaran. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa masukan dan saran dari validator terhadap media pembelajaran IPA yang dikembangkan, dan respon siswa terhadap media pembelajaran IPA. Data kuantitatif berupa hasil validasi media, hasil observasi kemandirian, dan nilai tes kemampuan berpikir aplikatif siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif, gain standard, serta analisis signifikansi dengan One Way Manova T2 Hotelling. Hasil penelitian berupa (1) media pembelajaran IPA komik animasi berbasis inkuiri yang mempunyai karakteristik penyajian masalah sebagai stimulan pada setiap awal pertemuan, menyajikan butir pertanyaan untuk diselidiki secara sistematis secara individu serta menyajikan tampilan yang menarik untuk meningkatkan kemandirian dan berpikir aplikatif siswa SMP, (2) uji manova menunjukkan bahwa media efektif digunakan untuk pembelajaran IPA dengan nilai sig. 0,001 kurang dari α (0,05)

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran IPA, media, komik animasi berbasis inkuiri, kemandirian, berpikir aplikatif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Sep 2017 02:58
Last Modified: 09 May 2019 08:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52986

Actions (login required)

View Item View Item