Upaya Peningkatan Hasil Pembelajaran Senam Lantai melalui Model Quantum Teaching pada Peserta Didik SMPN 15 Yogyakarta.

Istutik, Istutik (2017) Upaya Peningkatan Hasil Pembelajaran Senam Lantai melalui Model Quantum Teaching pada Peserta Didik SMPN 15 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-istutik-11711251034.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan Penelitian adalah meningkatkan hasil pembelajaran senam lantai melalui model pembelajaran quantum (quatum teaching) dengan sintaq “TANDUR”. di SMP negeri 15 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi. Sebelum perencanaan peneliti melaksanakan pra siklus dengan melakukan pretest dan wawancara tentang permasalahan yang menyebabkan hasil pretest senam lantai sangat jauh dari kriteria ketuntasan minimal 75. Dari hasil refleksi peneliti merencanakan proses pembelajaran selanjutnya. Selama proses kegiatan pembelajaran berlangsung peneliti melaksanakan setiap langkah sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan peneliti dibantu oleh dua orang kolabolator untuk memperhatikan setiap langkah dengan menggunakan Lembar Observasi Guru(LOG), Lembar Observasi Siswa (LOS)dan Lembar Situasi kelas, untuk perbaikan kegiatan sebelumnya. Penentuan hasil penelitaian menggunakan hasil belajar siswa yang komponen variasinya sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Nilai akhir dibandingkan dengan Kriteria Ketuntasan Minimal. Indikator keberhasilan yaitu prestasi belajar senam lantai minimal sebanyak 85% dari total siswa tuntas (KKM 75). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas 7 A SMP N 15 Yogyakarta berjumlah 34 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan hasil prestasi belajar senam lantai guling depan dan guling belakang pada peserta didik kelas 7 A SMP N 15 Yogyakarta. Hal ini terlihat dari peningkatan rata-rata prestasi senam lantai siswa pada siklus pertama 76 (61.76% siswa tuntas) meningkat menjadi 81.76 (91.8% siswa tuntas) pada siklus kedua. Dapat disimpulkan bahwa model Quatum teaching dapat meningkatkan hasil pembelajaran senam lantai pada peserta didik SMPN 15 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Quantum Teaching, Senam lantai, guling depan, guling belakang
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Sep 2017 02:28
Last Modified: 11 Jan 2022 02:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52981

Actions (login required)

View Item View Item