Pengembangan Perangkat Pembelajaran Integrated Science Connected Model untuk Meningkatkan Keterampilan Proses IPA, Sikap Ingin Tahu, dan Kemampuan Kognitif Peserta Didik Kelas VIII SMP.

Hasrini, Fenny (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Integrated Science Connected Model untuk Meningkatkan Keterampilan Proses IPA, Sikap Ingin Tahu, dan Kemampuan Kognitif Peserta Didik Kelas VIII SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fenny-hasrini-15708259013.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan perangkat pembelajaran Integrated Science Connected Model yang layak untuk pembelajaran IPA materi “Tekanan Zat” peserta didik kelas VIII SMP, dan (2) mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran Integrated Science Connected Model yang dikembangkan untuk meningkatkan keterampilan proses IPA, sikap ingin tahu, dan kemampuan kognitif peserta didik kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model Borg and Gall yang meliputi sembilan langkah, yaitu: (1) research and information collecting, (2) planning, (3) developing preliminarry form of product, (4) draft, (5) jugdement expert revised, (6) preliminary field testing, (7) main product revision, (8) main field testing, dan (9) operational product revision. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 15 Yogyakarta. Subjek uji coba dalam penelitian dan pengembangan ini adalah peserta didik kelas VIII Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 99 peserta didik dengan rincian: (1) uji coba awal menggunakan peserta didik dari kelas VIIIG sejumlah 33 orang, dan (2) uji coba utama menggunakan 33 peserta didik dari kelas VIIID sebagai kelas eksperimen dan 33 peserta didik kelas VIIIH sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan lembar validasi produk berupa angket, serta instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi keterampilan proses, angket sikap ingin tahu, dan soal multiple choice kemampuan kognitif peserta didik, angket respon peserta didik terhadap LKPD, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa masukan dan saran dari validator terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan, respon peserta didik terhadap LKPD, dan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data kuantitatif berupa hasil observasi keterampilan proses IPA, hasil angket sikap ingin tahu, dan nilai tes kemampuan kognitif peserta didik. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitaf, gain standard, serta analisis signifikansi dengan One Way Manova T2 Hotelling. Hasil penelitian berupa seperangkat pembelajaran Integrated Science Connected Model terdiri dari Silabus, RPP, penilaian dan LKPD yang layak digunakan untuk pembelajaran IPA materi tekanan zat pada peserta didik kelas VIII SMP. Perangkat pembelajaran yang digunakan efektif untuk meningkatkan keterampilan proses IPA, sikap ingin tahu, dan kemampuan kognitif peserta didik kelas VIII SMP.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, Integrated Science Connected Model, keterampilan proses IPA, sikap ingin tahu, kemampuan kognitif.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Sep 2017 02:07
Last Modified: 09 May 2019 08:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52979

Actions (login required)

View Item View Item