PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) GUIDED DISCOVERY PADA MATERI FUNGI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X MIA SMA N 1 PRAMBANAN

Hidayah, Nurul (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) GUIDED DISCOVERY PADA MATERI FUNGI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X MIA SMA N 1 PRAMBANAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
3. HALAMAN AWAL (11304241021).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4. BAB I (11304241021).pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II (11304241021).pdf
Restricted to Registered users only

Download (937kB)
[img] Text (BAB III)
6. BAB III (11304241021).pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV (11304241021).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8. BAB V (11304241021).pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA (11304241021).pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan mengetahui kelayakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) guided discovery pada materi fungi untuk meningkatkan keterampilan proses sains serta mengetahui hasil uji coba LKS guided discovery pada siswa kelas X MIA SMA N 1 Prambanan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebarluasan), namun penelitian ini hanya sampai pada tahap develop. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket. LKS yang telah selesai disusun diuji kelayakannya oleh reviewer terdiri ahli materi dan ahli media. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Prambanan berjumlah 18 siswa. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan angket. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian berupa: 1) dihasilkan LKS guided discovery pada materi fungi dengan dilakukan 3 tahapan pengembangan pada prosedur pengembangan 4D yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan); 2) Penilaian dari dua ahli materi diperoleh persentase rata-rata 69% dengan kategori kelayakan “Layak”. Penilaian dua ahli media diperoleh persentase rata-rata 93% dengan kategori kelayakan “Sangat Layak”. Penilaian dari dua guru Biologi diperoleh persentase rata-rata 87% dnegan kategori kelayakan “Sangat Layak”. Penilaian oleh 18 siswa diperoleh persentase rata-rata 77% dengan kategori kelayakan “Layak”; 3) Hasil uji coba LKS Guided Discovery pada siswa kelas X MIA 4 SMA N 1 Prambanan diperoleh persentase rata-rata 74%, hal ini menunjukkan keterampilan proses sains siswa kelas X MIA 4 adalah baik. Berdasarkan data yang didapatkan, maka LKS guided discovery pada materi fungi layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas X MIA SMA N 1 Prambanan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, LKS guided discovery, fungi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 29 Sep 2017 02:50
Last Modified: 30 Jan 2019 15:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52977

Actions (login required)

View Item View Item