Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing Berorientasi pada Prestasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Motivasi Siswa

Yanianti, Azmi (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing Berorientasi pada Prestasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Motivasi Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-azmi-yaniati-15709251081.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran geometri menggunakan metode penemuan terbimbing yang berkualitas baik. Kualitas hasil pengembangan ditentukan berdasarkan kriteria Nieveen yaitu valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran ini terdiri dari RPP dan LKS yang berorientasi pada: prestasi belajar siswa, kemampuan berpikir kritis, dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang diterapkan adalah model Plomp. Tahapan pengembangan yang dilakukan meliputi: (1) fase penelitian awal, (2) pengembangan, dan (3) penilaian. Subjek penelitian ini adalah 34 siswa kelas VIII F dan dua guru matematika di SMP Negeri 2 Mertoyudan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian guru, angket penilaian siswa, soal tes prestasi belajar, soal tes kemampuan berpikir kritis, dan angket motivasi belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan cara mengonversi data kuantitatif berupa skor hasil penilaian menjadi data kualitatif skala lima. Perangkat pembelajaran dikatakan valid jika hasil penilaian para ahli minimal berkategori baik. Perangkat pembelajaran dikatakan praktis jika hasil penilaian guru dan siswa minimal berkategori baik. Perangkat pembelajaran dikatakan efektif jika proporsi siswa yang mencapai KKM minimal 75% berdasarkan tes prestasi belajar dan proporsi siswa yang mencapai kategori minimal tinggi 75% berdasarkan tes kemampuan berpikir kritis dan angket motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dengan kategori sangat baik, pada RPP maupun LKS. Hasil uji coba menunjukkan bahwa RPP dan LKS yang dikembangkan memiliki kategori praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis dengan kategori sangat baik berdasarkan penilaian guru maupun penilaian siswa. Perangkat pembelajaran juga mencapai kategori efektif berdasarkan hasil tes prestasi belajar, tes kemampuan berpikir kritis, dan angket motivasi belajar siswa. Hasil tes prestasi belajar menunjukkan bahwa proporsi siswa yang mencapai nilai KKM lebih dari 75% yaitu 87%. Hasil tes kemampuan berpikir kritis dan hasil penilaian angket motivasi belajar menunjukkan proporsi siswa yang mencapai kategori minimal tinggi lebih dari 75% yaitu 87% dan 100%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2017 00:34
Last Modified: 29 Jan 2019 12:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52967

Actions (login required)

View Item View Item