PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK KLARIFIKASI NILAI TERHADAP PEMAHAMAN NILAI TOLERANSI SISWA BOARDING DAN REGULER KELAS X MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMA MUHAMMADIYAH BANTUL

IRMAWATI, IRMAWATI (2017) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK KLARIFIKASI NILAI TERHADAP PEMAHAMAN NILAI TOLERANSI SISWA BOARDING DAN REGULER KELAS X MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMA MUHAMMADIYAH BANTUL. S1 thesis, FIS.

[img]
Preview
Text
TAS HALAMAN DEPAN 13401241006.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
TAS BAB I 13401241006.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TAS BAB III 13401241006.pdf

Download (914kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TAS BAB V DAN LAMPIRAN 13401241006.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKASAN 13401241006.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
JURNAL 13401241006.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E-JURNAL 13401241006.pdf

Download (627kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penggunaan teknik klarifikasi nilai terhadap pemahaman nilai toleransi siswa boarding melalui pembelajaran PKn di SMA Muhammadiyah Bantul (2) pengaruh penggunaan teknik klarifikasi nilai terhadap pemahaman nilai toleransi siswa reguler melalui pembelajaran PKn di SMA Muhammadiyah Bantul (3) perbedaan pengaruh penggunaan teknik klarifikasi nilai terhadap pemahaman nilai toleransi antara siswa boarding dan reguler melalui pembelajaran PKn di SMA Muhammadiyah Bantul. Jenis penelitian ini adalah ekperimen semu dengan desain pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Muhammadiyah Bantul kelas X sebanyak 134 siswa yang terbagi 2 kelompok kelas yakni kelas boarding dan kelas reguler. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara teknik acak sederhana yaitu empat kelas yang dibagi menjadi kelompok eksperimen untuk kelas boarding (19 siswa), kelas reguler (25 siswa) dan kelompok kontrol untuk kelas boarding (23 siswa), kelas reguler (23 siswa). Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes dan observasi. Uji coba instrumen penelitian menggunakan uji korelasi point biserial dan KR-20. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji sampel t test, uji t dan gain score yang terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas untuk menganalisis hasil pemahaman dan sikap. Hasil penelitian menunjukan bahwa, Pertama ada pengaruh penggunaan teknik klarifikasi nilai terhadap pemahaman nilai toleransi siswa boarding kelas X SMA Muhammadiyah Bantul. Hal ini dibuktikan dari nilai signifikansi hitung (Sig.) sebesar 0,028 yang lebih kecil dari 0,05 (0,028

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 28 Sep 2017 00:25
Last Modified: 30 Jan 2019 15:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52966

Actions (login required)

View Item View Item