Pengembangan Learning Management System (LMS) Pada Materi Sistem Respirasi Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Dan Sikap Ilmiah Siswa SMAN 1 Kalasan

Mulu, Marlinda (2017) Pengembangan Learning Management System (LMS) Pada Materi Sistem Respirasi Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Dan Sikap Ilmiah Siswa SMAN 1 Kalasan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-marlinda-mulu-15725251044.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan LMS biologi pada materi sistem pernapasan dengan pendekatan saintifik yang layak untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap ilmiah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan, dan (2) mengetahui efektivitas LMS yang dikembangkan untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap ilmiah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development atau R&D). Dalam penelitian ini digunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Pada tahap analisis dilakukan analisis kebutuhan serta analisis karakteristik siswa dan studi pustaka. Tahap desain dilakukan dengan merumuskan desain flow chart, desain muka web dan desain course dengan merumuskan tujuan pembelajaran, kompetensi inti dan kompetensi dasar pada materi sistem respirasi. Tahap pengembangan dilakukan dengan mengembangkan produk awal LMS berbasis moodle, validasi produk oleh ahli media dan ahli materi, teman sejawat dan guru biologi SMAN 1 Kalasan. Selanjutnya pada tahap implementasi dilakukan uji coba terbatas terhadap 28 orang siswa dan uji coba lapangan terhadap 54 siswa. Setelah implementasi produk, selanjutnya dilakukan tahap evaluasi mengenai proses pembelajaran selama menggunakan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) LMS yang dikembangkan telah layak dan valid digunakan berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi dengan indeks Aiken yang tinggi serta memperoleh bukti empiris, (2) pembelajaran menggunakan LMS pada materi sistem respirasi dengan pendekatan saintifik signifikan meningkatkan hasil belajar kognitif dan sikap ilmiah siswa kelas XI SMAN 1 Kalasan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: teknologi pendidikan, biologi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2017 00:10
Last Modified: 29 Jan 2019 12:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52962

Actions (login required)

View Item View Item