PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MINDSCAPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF PESERTA DIDIK KELAS X SMA

Hediati, Dwitami and Istiyono, Edi (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MINDSCAPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF PESERTA DIDIK KELAS X SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk LKPD berbasis mindscaping yang layak digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik kelas X SMA pada materi impuls dan momentum linear, dan (2) mengetahui pengaruh penggunaan LKPD berbasis mindscaping dalam proses pembelajaran terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik kelas X SMA pada materi impuls dan momentum linear. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan 4-D model yang dilaksanakan dalam 4 tahap, yaitu: tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Develop), dan tahap penyebaran (Disseminate). Desain uji produk lapangan adalah randomized control group pretest-posttest design. Data yang diamati adalah respon peserta didik, penilaian LKPD hasil pekerjaan peserta didik, aktivitas peserta didik, dan penilaian mindscaping. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk LKPD berbasis mindscaping pada materi impuls dan momentum linear yang diujicobakan pada peserta didik kelas X MIPA 1 (1) layak digunakan dalam proses pembelajaran berdasarkan penilaian dari dosen fisika dan guru fisika pada aspek penilaian didaktif, aspek konstruksi, dan aspek teknis yang memiliki kategori sangat baik, dengan proses pembelajaran sesuai dengan total waktu yang dibutuhkan dengan waktu yang tersedia, serta respon positif peserta didik terhadap LKPD berbasis mindscaping, dan (2) terdapat pengaruh dalam penggunaan LKPD berbasis mindscaping. Hasil posttest pada t-test menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis dan kreatif masing-masing bernilai sama yaitu 0,000 < 0,05. Artinya terdapat pengaruh dari penggunaan LKPD berbasis mindscaping dengan LKPD konvensional, serta secara signifikan ketercapaian peserta didik dalam keterampilan berpikir kritis dan kreatif secara rata-rata dalam penggunaan LKPD berbasis mindscaping berdasarkan gain skor mengalami peningkatan sebesar 39,7% dan 41,7%, sedangkan pada LKPD konvensional dalam keterampilan berpikir kritis dan kreatif mengalami peningkatan sebesar 32,1% dan 35,1%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: LKPD, mindscaping, keterampilan berpikir kritis dan kreatif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 27 Sep 2017 07:14
Last Modified: 30 Jan 2019 15:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52955

Actions (login required)

View Item View Item