UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MENGELOLA WAKTU BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SMP N 1 PIYUNGAN

Wahyu, Muhammad (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MENGELOLA WAKTU BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SMP N 1 PIYUNGAN. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengefektifk an waktu belajar siswa (learning time) dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Harapanya setelah penelitian ini guru termasuk peneliti dapat memberikan kesempatan kepada siswa dalam beraktifitas dan belajar selama pembelajaran berlangsung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research yang berfokus pada upaya untuk mengubah kondisi nyata yang ada sekarang ke arah yang diharapkan. Menurut Suharsimi Arikunto (2016: 41), penelitian tindakan terdiri dari 4 aspek pokok, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dengan demikian Penelitian Tindakan Kelas dalam penelitian ini adalah bentuk penelitian yang dilakukan oleh guru di sekolah dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani guna memperbaiki keadaan ke arah yang lebih baik. Sumber data penelitian ini berasal dari dokumen pribadi, yakni semua informasi tekstual yang dituangkan dalam jurnal peneliti. Data tekstual ini akan dianalisis untuk menemukan tema. Sumber data yang lain adalah dari rekaman video. Data yang diperlukan dalam penelitian tindakan kelas ini akan dikumpulkan melalui pengamatan. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan teknik analisis dokumen. Hasil penelitian yaitu: dihasilkan peningkatan pada waktu belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan analisis data pada siklus kedua dan ketiga yang mengalami peningkatan dengan presentse siklus kedua a) Menunggu: 60%, b) Kelolaan: 20%, c) Pengajaran : 14,9%, d) Aktivitas: 5,1% dan siklus ketiga menjadi a) Menunggu: 8,5%, b) Kelolaan: 18,3%, c) Pengajaran : 19,7%, d) Aktivitas: 53,5%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Upaya Peningkatan, Waktu Belajar siswa, Pendidikan Jasmani
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Sep 2017 07:10
Last Modified: 29 Jan 2019 12:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52947

Actions (login required)

View Item View Item