MOTIF, WARNA DAN MAKNA BATIK LIMAN KEMBAR JIWO, SIDOLUHUR BUDURAN, MEGA SAMBHARA, PADMA SAMBHARA KARYA LUMBINI DUSUN TINGAL KULON KECAMATAN BOROBUDUR

Prasetiyo, Andri Dwi (2017) MOTIF, WARNA DAN MAKNA BATIK LIMAN KEMBAR JIWO, SIDOLUHUR BUDURAN, MEGA SAMBHARA, PADMA SAMBHARA KARYA LUMBINI DUSUN TINGAL KULON KECAMATAN BOROBUDUR. S1 thesis, Pendidikan Seni Kerajinan.

[img]
Preview
Text
NASKAH.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kerajinan batik Liman Kembar Jiwo, Sidoluhur Buduran, Mega Sambhara dan Padma Sambhara karya Lumbini Dusun Tingal Kulon Kecamatan Wanurejo Kabupaten Magelang ditinjau dari motif, warna dan makna. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data berupa kata-kata. Instrumen utama pada penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai human instrument yang dilengkapi dengan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik penentuan validitas atau keabsahan data menggunakan triangulasi dan dan ketekunan pengamatan. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpilan atau verifikasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa: (1) Motif yang dihasilkan batik Lumbini adalah a) batik liman kembar jiwo terdapat motif utama gajah bercermin, motif tambahan berupa pohon Bodhi yang disusun belah ketupat dan mandala. b) batik sidoluhur buduran motif utama tujuh induk stupa, motif isian sidoluhur berupa angsa, kuncup bunga, stupa kecil, motif tambahan awan dan kawung. c) batik mega sambhara memiliki motif utama awan dan stupa, motif tambahan berupa garis-garis, dan tumpal. d) batik padma sambhara motif utama stlilisasi daun lotus/teratai, motif tambahan berupa bentuk lingkaran mandala. (2) warna: a) batik liman kembar jiwo warna yang digunakan biru tua dan coklat. b) batik sidoluhur buduran warna yang digunakan warna coklat dan hitam. c) batik mega sambhara warna yang digunakan hitam, coklat muda dan coklat muda. d) batik padma sambhara menggunakan warna merah dan putih. (3) makna simbolik a) batik liman kembar jiwo adalah manusia yang bijaksana selau bercermin diri dan berinstropeksi. b) batik Sidoluhur buduran adalah untuk mencapai keluhuran budi dan jiwa memerlukan harmonisasi dengan lingkungan. c) batik mega sambhara adalah ketenangan jiwa dapat dicapai dengan mengendalikan nafsu, mengalahkan diri dan meninggalkan sejenak duniawi. d) batik padma sambhara adalah dalam kehidupan ada kesimbangan hitam dan putih, gelap dan terang agar kehidupan berjalan lancar. Dari keseluruhan makna batik tersebut berkaitan dengan makna kehidupan dan sifat manusia.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa > Pendidikan Kriya
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 26 Sep 2017 05:46
Last Modified: 30 Jan 2019 15:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52920

Actions (login required)

View Item View Item