PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN BENTUK DAN WUJUD BENDA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING SISWA TUNARUNGU KELAS IV A SLB NEGERI 2 BANTUL

Desak, Mirah Agustini (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN BENTUK DAN WUJUD BENDA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING SISWA TUNARUNGU KELAS IV A SLB NEGERI 2 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Desak Mirah Agustini_13103244038.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa tunarungu kelas IV A SLB Negeri 2 Bantul. Tindakan yang digunakan dalam peneltian ini adalah Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV A SLB Negeri 2 Bantul. Subyek pada penelitian ini adalah siswa tunarungu kelas IV A SLB Negeri 2 Bantul yaitu AUP, RAS dan NNK. Subyek dalam penelitian ini memiliki masalah pada tingkat kefokusan dan keaktifan siswa yang rendah saat pembelajaran. Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi aktivitas guru dan siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bawah terdapat perbaikan proses dan peningkatan hasil belajar IPA materi perubahan wujud dan bentuk benda pada siswa tunarungu kelas IV A SLB Negeri 2 Bantul melalui penerapan Problem Based Learning. Penerapan PBL dapat meningkatkan keterlibatan siswa secara langsung dalam aktivitas pembelajaran. Perbaikan proses tampak dari siswa terlihat aktif dan siswa menunjukkan ketertarikan dalam setiap proses pembelajaran. Selama pembelajaran siswa terlihat memperhatikan guru dan siswa sering mengemukakan pendapatnya mengenai materi pembelajaran. Adapun peningkatakan hasil belajar siswa dimana pada pratindakan, AUP mendapatkan nilai 90, RAS 50 dan NNK 35. Pada siklus I siswa AUP mendapatkan nilai 95, RAS 60 dan NNK 50. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat, untuk siswa AUP mendapatkan nilai 100, RAS 75, dan NNK 85. Secara keseluruhan peningkatan hasil belajar IPA siswa juga ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata pada pra tindakan 55.00 menjadi 77,50 dan menjadi 86,67 pada akhir siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 26 Sep 2017 05:07
Last Modified: 30 Jan 2019 15:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52918

Actions (login required)

View Item View Item