UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE SOSIODRAMA PADA ANAK KELOMPOK A3 TK ABA GENDINGAN YOGYAKARTA

Vera Indah, Kumalasari (2017) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE SOSIODRAMA PADA ANAK KELOMPOK A3 TK ABA GENDINGAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
TAS_Vera Indah_13111241009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak melalui metode sosiodrama Kelompok A3 TK ABA Gendingan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan berbicara anak masih rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart dan dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak Kelompok A3 TK ABA Gendingan tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 13 anak yang terdiri dari 9 anak perempuan dan 4 anak laki-laki. Objek penelitian ini adalah keterampilan berbicara melalui metode sosiodrama. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dengan panduan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif dengan teknik persentase. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode sosiodrama dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak, yang dilakukan guru terkait setting sosiodrama yang akan dilakukan oleh anak dilengkapi dengan peralatan yang sesungguhnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara melalui metode sosiodrama saat Pratindakan yaitu mulai berkembang (39,5%) dan pada Siklus I yaitu berkembang sesuai harapan yang mengalami peningkatan mencapai 14,8% (54,3%). Pada tindakan Siklus II yaitu berkembang sangat baik yang mengalami peningkatan mencapai 36,8% (91,1%) dengan kriteria pencapaian 80%. Kata kunci: keterampilan berbicara, kelompok A3.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 26 Sep 2017 01:07
Last Modified: 30 Jan 2019 15:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52913

Actions (login required)

View Item View Item