ANALISIS KESINAMBUNGAN PERSOALAN DALAM KONSEP SISTEM REPRODUKSI PADA BUKU TEKS PELAJARAN KURIKULUM 2013 DI JENJANG SD, SMP, DAN SMA DI KOTA YOGYAKARTA

Prakoso, Bowo (2017) ANALISIS KESINAMBUNGAN PERSOALAN DALAM KONSEP SISTEM REPRODUKSI PADA BUKU TEKS PELAJARAN KURIKULUM 2013 DI JENJANG SD, SMP, DAN SMA DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (563kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (989kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: mengetahui perbedaan kedalaman dan keluasan persoalan dalam konsep sistem reproduksi di setiap jenjang pendidikan; dan mengetahui kesinambugan persoalan dalam konsep sistem reproduksi pada buku teks pelajaran di setiap jenjang pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain analisis isi. Pengambilan sampel buku teks pelajaran dilakukan di SD, SMP, dan SMA piloting project Kurikulum 2013 di kota Yogyakarta. Sampel buku teks pelajaran diambil dengan teknik purposive sampling, yakni harus memuat konsep sistem reproduksi dan ditulis berdasarkan Kurikulum 2013. Konsep sistem reproduksi dalam buku teks pelajaran dianalisis oleh 3 panelis dengan cara membaca dan mencermati setiap unit analisis berupa teks, gambar, dan tabel yang memuat konsep sistem reproduksi. Data yang diperoleh kemudian diolah dalam tabel dan diuji kecocokan antar panelisnya. Hasil yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kedalaman dan keluasan persoalan, perbedaan penggunaan istilah dan perbedaan penggunaan gambar dalam materi sistem reproduksi pada masing-masing jenjang pendidikan. Persoalan dalam konsep sistem reproduksi pada buku teks pelajaran di setiap jenjang pendidikan yang berkesinambungan (36,55%) dan tidak berkesinambungan (63,45%), sehingga persoalan dalam konsep sistem reproduksi pada buku teks pelajaran di jenjang SD, SMP, dan SMA di Kota Yogyakarta tidak saling berkesinambungan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Buku teks pelajaran, Jenjang pendidikan, Kesinambungan persoalan, Kurikulum 2013, Sistem reproduksi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 27 Sep 2017 06:57
Last Modified: 30 Jan 2019 15:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52911

Actions (login required)

View Item View Item