Prakoso, Bowo (2017) ANALISIS KESINAMBUNGAN PERSOALAN DALAM KONSEP SISTEM REPRODUKSI PADA BUKU TEKS PELAJARAN KURIKULUM 2013 DI JENJANG SD, SMP, DAN SMA DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (563kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (989kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (8kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: mengetahui perbedaan kedalaman dan keluasan persoalan dalam konsep sistem reproduksi di setiap jenjang pendidikan; dan mengetahui kesinambugan persoalan dalam konsep sistem reproduksi pada buku teks pelajaran di setiap jenjang pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain analisis isi. Pengambilan sampel buku teks pelajaran dilakukan di SD, SMP, dan SMA piloting project Kurikulum 2013 di kota Yogyakarta. Sampel buku teks pelajaran diambil dengan teknik purposive sampling, yakni harus memuat konsep sistem reproduksi dan ditulis berdasarkan Kurikulum 2013. Konsep sistem reproduksi dalam buku teks pelajaran dianalisis oleh 3 panelis dengan cara membaca dan mencermati setiap unit analisis berupa teks, gambar, dan tabel yang memuat konsep sistem reproduksi. Data yang diperoleh kemudian diolah dalam tabel dan diuji kecocokan antar panelisnya. Hasil yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kedalaman dan keluasan persoalan, perbedaan penggunaan istilah dan perbedaan penggunaan gambar dalam materi sistem reproduksi pada masing-masing jenjang pendidikan. Persoalan dalam konsep sistem reproduksi pada buku teks pelajaran di setiap jenjang pendidikan yang berkesinambungan (36,55%) dan tidak berkesinambungan (63,45%), sehingga persoalan dalam konsep sistem reproduksi pada buku teks pelajaran di jenjang SD, SMP, dan SMA di Kota Yogyakarta tidak saling berkesinambungan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku teks pelajaran, Jenjang pendidikan, Kesinambungan persoalan, Kurikulum 2013, Sistem reproduksi |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Admin Biologi FMIPA |
Date Deposited: | 27 Sep 2017 06:57 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:10 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52911 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |