PREPARASI DAN SINTESIS GRAPHENE OXIDE DENGAN VARIASI WAKTU PEMBAKARAN KAIN PERCA MENGGUNAKAN METODE PENANGKAPAN ASAP DENGAN KACA PREPARAT BERDASARKAN UJI ABSORBANSI DAN GUGUS – GUGUS FUNGSIONAL

Puspitasari, Widya Riski and Dwandaru, WS. Brams (2017) PREPARASI DAN SINTESIS GRAPHENE OXIDE DENGAN VARIASI WAKTU PEMBAKARAN KAIN PERCA MENGGUNAKAN METODE PENANGKAPAN ASAP DENGAN KACA PREPARAT BERDASARKAN UJI ABSORBANSI DAN GUGUS – GUGUS FUNGSIONAL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
skripsi ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi waktu pembakaran kain perca terhadap hasil nilai absorbansi pada sintesis graphene oxide (GO) berdasarkan uji spektrofotometer ultraviolet-visibel (UV-Vis) dan mengetahui gugus–gugus fungsional dari asap pembakaran kain perca pada sintesis GO berdasarkan spektrofotometer Forier transform infrared (FTIR). Penelitian ini dimulai dengan menangkap asap pembakaran kain perca menggunakan alat penangkap asap dengan kaca preparat. Penelitian ini dilakukan dengan memvariasi waktu pembakaran selama 1 menit, 5 menit, 10 menit, dan 15 menit. Untuk uji spektrofotometer UV-Vis, asap yang telah menempel di kaca preparat kemudian dimasukkan ke dalam wadah yang berisi aquades sebanyak 100 ml untuk masing-masing variasi waktu pembakaran. Kaca preparat dibersihkan agar asap yang menempel dapat tercampur dengan aquades. Kemudian larutan tersebut diuji dengan spektrofotometer UV-Vis. Untuk uji spektrofotometer FTIR, asap yang menempel pada kaca preparat dipisahkkan dari kaca preparat sehigga menghasilkan serbuk dari asap pembakaran kain perca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji spektrofotometer UV-Vis menunjukkan bahwa variasi waktu pembakaran kain perca mempengaruhi nilai absorbansi pada panjang gelombang yang sama. Semakin lama waktu pembakaran kain perca maka semakin tinggi puncak absorbansinya yang mengidentifiikasikan material GO lebih banyak dan transfer energi yang digunakan untuk mengganggu ikatan Van der Waals semakin besar. Sedangkan berdasarkan hasil uji spektrofotometer FTIR menunjukkan bahwa tidak ada perubahan struktur ikatan pada sampel GO dengan variasi waktu pembakaran kain perca. Gugus-gugus fungsional pada GO yang dapat diidentifikasi adalah ikatan O-H asam karboksilat, ikatan rangkap C=C alkena dan ikatan C-O.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: graphene oxide, kain perca, asap pembakaran, spektrofotometer UV-Vis, spektrofotometer FTIR.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 27 Sep 2017 07:01
Last Modified: 30 Jan 2019 15:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52908

Actions (login required)

View Item View Item