PENGEMBANGAN JOBSHEET FISIKA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DITINJAU DARI MOTIVASI DAN TANGGAPAN TERHADAP KEGIATAN PEMBELAJARAN FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 1 SANDEN

Wisnu Priyadi, Ahmad Nur and Suparwoto, Suparwoto (2017) PENGEMBANGAN JOBSHEET FISIKA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DITINJAU DARI MOTIVASI DAN TANGGAPAN TERHADAP KEGIATAN PEMBELAJARAN FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 1 SANDEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan jobsheet fisika dengan materi momentum dan impuls; (2) peningkatan hasil belajar peserta didik dengan media jobsheet; (3) hubungan motivasi dan tanggapan pembelajaran terhadap hasil belajar; dan (4) sumbanan motivasi dan tanggapan pembelajaran terhadap terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan Penelitian Pengembangan (Research and Development) dan Eksperimen. Penelitian pengembangan ini dirancang dengan mengikuti tahap-tahap model pengembangan 4D, yaitu define, dsign, develop, dan desseminate. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA 1 dan X MIA 3 di SMA N 1 Sanden. Objek penelitian ini adalah jobsheet fisika dengan materi momentum dan impuls. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi instrumen penelitian, angket respon siswa terhadap jobsheet, angket motivasi, angket tangapan pembelajaran, soal test pretest dan posttest. Teknik analisis data antara lain menggunakan analisis kriteria validasi SBI untuk kelayakan produk, uji-t untuk mengetahui peningkatan hasil belajar, dan anakova untuk mengetahui hubungan serta sumbangan variabel kovarian terhadap hasil belajar. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa produk jobsheet fisika dengan perlehan skor 99,5 atau dalam kriteria baik. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh signifikansinya 0,000 < a (0,05) disimpulkan terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan jobsheet yang dikembangkan. Berdasarkan uji korelasi ganda kovarian pada uji anakova diperoleh Freg = 7,99 > 1, sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dan tanggapan pembelajaran dengan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan uji hipotesis anakova diperoleh nilai Fhitung (5,24) > Ftabel (4,06) sehingga ada perbedaan yang signifikan antar kelas kontrol dan eksperimen. Variabel motivasi memberikan sumbangan efektif sebesar 25,79% dan variabel tanggapan pembelajaran memberikan sumbangan efektif sebesar 2,95%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: jobsheet fisika, motivasi, tanggapan pembelajaran, hasil belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 27 Sep 2017 06:26
Last Modified: 30 Jan 2019 15:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52904

Actions (login required)

View Item View Item